Breaking News:

Cerita Khas Ramadan 1442

Cerita Marwani Udjang, Warga PALI Pemilik Alquran Daun Lontar Ditulis Tangan, Peninggalan Abad 12

Alquran ini terbuat dari dari daun lontar berukuran sekira panjang 1 meter dengan lebar 60 centimeter dilengkapi halaman depan dari kulit hewan.

SRIPO/REIGAN
Marwani Udjang warga PALI memperlihatkan Alquran terbuat dari Daun Lontar. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI - Tak seperti Alquran pada umumnya, Alquran di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memiliki keunikan tersendiri.

Alquran ini terbuat dari dari daun lontar berukuran sekira panjang 1meter dengan lebar 60 centimter dilengkapi halaman depan terbuat dari kulit hewan.

Ayat-ayat Alquran ini sendiri sama dengan Alquran pada umumnya. Hanya saja, bait pada tiap lembarnya ditulis huruf Arab menggunakan tangan dengan seni ukir tinggi.

Diukir sedemikian rupa, Alquran Daun Lontar ini lengkap sebanyak 30 Jus 46 lembar terdiri dari 92 halaman.

Bentuk fisik Alquran Daun Lontar pada bagian tengah dan ujung tiap halaman pun diberikan jahitan tangan dari benang wol.

"Ini menandakan begitu luar biasanya perjuangan dalam membaca ayat-ayat Alquran," ungkap pemilik Alquran Daun Lontar, Marwani Udjang (60), warga Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Kamis (29/4/2021).

Marwani menceritakan saat dirinya dan beberapa kerabat lain bersilahturahmi ke tempat guru pengajiannya di Jakarta pada Tahun 2012.

Kemudian setelah pulang dirinya diminta untuk merawat dan menjaga Alquran Daun Lontar.

Selain ada Alquran dari Daun Lontar, ia juga ditipkan untuk merawat Alquran yang terbuat dari kertas meski ukurannya tak begitu besar.

Alquran dari Daun Lontar ini belum diketahui secara pasti sejarah kapan dibuatnya.

Halaman
12
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved