Breaking News:

Vaksin Corona

Vaksin Sinopharm Buatan Negara Mana? Punya Efikasi 78 Persen, Dipakai Vaksinasi Gotong Royong

Vaksinasi Gotong Royong adalah vaksin yang dibeli oleh perusahaan/badan hukum/badan usaha yang diberikan secara gratis bagi karyawan atau karyawati

Editor: Wawan Perdana
ist
Foto Ilustrasi : Program vaksinasi di Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA-Vaksin Sinopharm asal China telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksin yang memiliki efikasi 78 persen ini akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong.

Vaksinasi Gotong Royong adalah vaksin yang dibeli oleh perusahaan/badan hukum/badan usaha yang diberikan secara gratis bagi karyawan atau karyawati atau keluarga karyawan dan karyawati di perusahaan/badan hukum/badan usaha tersebut.

Vaksinasi Gotong Royong tidak berlaku untuk vaksinasi perorangan.

"Studi klinik fase III yang telah dilakukan Uni Emirat Arab dan beberapa negara lain dengan subyek sekitar 42.000 orang menunjukkan efikasi vaksin sebesar 78 persen," kata Kepala BPOM Penny K Lukito, Jumat (30/4/2021).

Penny mengatakan, vaksin Sinopharm bisa diberikan kepada kelompok usia dewasa, mulai 18 tahun hingga lansia.

Penyuntikannya dua dosis dengan jarak 21-28 hari.

Baca juga: Seorang Guru Honorer Alami Lumpuh setelah Suntik Vaksin Covid-19, Awalnya Keluar Darah hingga Sesak

"Untuk membentuk antibodi yang memberikan kekebalan untuk melawan virus corona dan mencegah Covid-19, pada orang dewasa di atas 18 tahun dengan pemberian dua dosis pada durasi 21 sampai dengan 28 hari," ujar Penny.

Penny juga mengatakan, dari aspek keamanan, efek samping yang ditimbulkan dari vaksin Sinopharm bersifat ringan yang berupa bengkak, kemerahan, sakit kepala, diare, nyeri otot, atau batuk.

"Jadi dari aspek keamanan adalah baik kategorinya, dapat ditoleransi dengan baik," ucap dia.

Menurut dia, pemberian izin penggunaan darurat vaksin Sinopharm sudah melalui proses evaluasi BPOM bersama Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19, ITAGI, dan para ahli terkait lainnya.

"Suhu penyimpanan vaksin dan pengirimannya dalam hal ini sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan suhu 2 sampai dengan 8 derajat celsius," kata Penny.

Baca juga: Biodata Profil Penny Lukito, Kepala BPOM Banyak Dapat Tekanan di Tengah Kontroversi Vaksin Nusantara

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 Sinopharm pada Jumat (30/4/2021).

Vaksin Sinopharm akan digunakan untuk vaksinasi gotong royong. "Iya benar, nanti akan disampaikan dalam konferensi pers siang jam 13.00," kata Bambang saat dikonfirmasi, Jumat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPOM: Efikasi Vaksin Sinopharm 78 Persen, Efek Samping Ringan"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved