Breaking News:

Berita Palembang

Kasus Covid-19 Makin Meningkat di Sumsel, Ahli Epidemiologi Khawatir Over Capacity Rumah Sakit

Kasus Covid-19 di Sumsel semakin hari semakin meningkat, Ahli Epidemiologi dari Unsri meminta pemerintah memonitor ketersediaan tempat tidur RS.

tribunsumsel.com/khoiril
Ilustrasi Virus Corona. Ahli Epidemiologi dari Universitas Sriwijaya Iche Andriani Liberty mengharapkan pemerintah memonitor ketersediaan tempat tidur RS. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kasus Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) semakin hari semakin meningkat.

Meskipun di di Sumsel sudah dilakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro, peningkatan kasus masih terjadi. 

Bahkan kalau sebelumnya di Sumsel tidak ada zona merah, maka kini di Sumsel sudah ada dua Kabupaten/Kota yang zona merah yaitu Palembang dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Menanggapi hal tersebut menurut Ahli Epidemiologi dari Universitas Sriwijaya Iche Andriani Liberty, terkait zonasi yang memetakan pusat, berdasarkan indikator-indikator tertentu dan ketika skornya rendah maka zona merah. 

"Kita tahu kalau penyebaran Covid-19 ini belum selesai. Di Sumsel memang kasusnya meningkat dan kematian juga meningkat, karena untuk positivity rate di Sumsel sendiri sudah menyentuh 30 persen," kata Iche saat dikonfirmasi Tribun Sumsel, Kamis (29/4/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kasus kasus aktif pertangal 26 April diangka 6.7 persen, ini meningkat dari sebelumnya pada 19 April sebesar 6 persen. 

Baca juga: OKU Timur Susul Palembang Masuk Zona Merah Covid-19, Ruang Isolasi RSUD OKU Timur Penuh

"Memang tidak bisa dipungkiri mobilitas masyarakat semakin meningkat, apalagi mulai masuk isu mudik. Mobilitas ini trendnya meningkat ke pusat-pusat perbelanjaan dan tempat makanan," ungkapnya.

Menurutnya, meningkatknya mobilitas ini dikhawatirkan abai dengan protokol kesehatan (Prokes).

Lalu 3T yang kok terlihat belum optimal-optimal, karena positivity rate semakin naik. 

Halaman
12
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved