Breaking News:

Berita Palembang

BI Siapkan 169 Tempat Penukaran Uang Baru Pecahan Kecil Untuk Lebaran, Berikut Jadwal Tukar

Tahun ini penukaran uang kartal kita bekerjasama dengan 28 bank umum dengan 169 titik lokasi penukaran di seluruh Sumsel mulai hari ini.

TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Petugas teller Bank KB Bukopin memperlihatakan uang pecahan kecil yang bisa ditukar masyarakat untuk kebutuhan lebaran. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bank Indonesia Perwakilan Sumsel menyiapkan uang kartal Rp 9 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat selama Ramadan dan idul Fitri 1442 Hijriyah di empat Provinsi Sumsel, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Hari Widodo mengatakan khusus Sumsel saja disiapkan uang kartal Rp 3,15 triliun. Jumlah ini lebih besar dibanding kebutuhan yang kartal menjelang lebaran tahun lalu yang hanya sebesar Rp 2,97 triliun atau naik enam persen.

Bank Indonesia memastikan tahun ini tidak akan ada penukaran uang kartal individu yang terpusat seperti sebelum pandemi. Hal ini mempertimbangkan kondisi pandemi sehingga jangan sampai ada kerumunan massa, dan tetap menjaga jarak.

"Tahun ini penukaran uang kartal kita bekerjasama dengan 28 bank umum dengan 169 titik lokasi penukaran di seluruh Sumsel mulai hari ini," ujar Hari Widodo.

Sementara itu Bank Mandiri menyiapkan Rp 800 miliar untuk memenuhi kebutuhan uang selama Ramadhan.

Regional CEO Bank Mandiri Regional II/Sumatera 2, Lourentius Aris Budiyanto mengatakan uang tersebut untuk keperluan penyediaan uang di ATM dan juga penukaran uang kecil ke masyarakat.

"Penukaran uang kecil dilayani oleh seluruh cabang Bank Mandiri selama jam layanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Aris.

Sementara itu Bank KB Bukopin menyediakan uang pecahan kecil untuk lebaran sebanyak Rp 2,5 miliar untuk kebutuhan lebaran dan penukaran uang THR yang bisa ditukar setiap hari Kamis di kantor cabang KB Bukopin Palembang.

"Penukaran khusus uang kecil setiap Jumat dan dibatasi satu orang dua gepok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Kepala Cabang KB Bukopin Munarco Maladi, Kamis (29/4/2021).

Sementara itu Bank Negera Indonesia (BNI) menyiapkan uang pecahan kecil senilai total Rp 536.721.000.000 yang terdiri dari pecahan Rp 1000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, hingga seterusnya.

Nasabah bisa menukar di semua outlet BNI sejak 12 April lalu hingga 11 Mei 2021 mendatang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Hartati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved