Breaking News:

Berita Prabumulih

Aplikasi Mobile JKN, Paket Komplit Tanpa Harus ke Kantor BPJS Kesehatan

Aplikasi Mobile JKN dari BPJS kesehatan memudahkan warga negara untuk menikmati layanan publik terlebih dimasa Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

BPJS Kesehatan
Rahmat Sulistiono seorang karyawan swasta menujukkan aplikasi Mobile JKN dari BPJS kesehatan di ponselnya. Melalui aplikasi Ia dapat mengkses sejumlah layanan mulai cek ketersediaan kamar di rumah sakit, bahkan bisa melihat tagihan BPJS Kesehatan jika terdaftar sebagai peserta mandiri, menentukan jadwal konsultasi dengan dokter, screening, 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Di era modern, banyak lembaga/badan negara telah memberikan akses online yang bertujuan memudahkan warga negara untuk menikmati layanan publik.

Rahmat Sulistiono merupakan salah satu dari jutaan masyarakat Indonesia yang sudah terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Salah satu yang paling saya sukai dari layanan online yang sudah disiapkan negara adalah aplikasi Mobile JKN dari BPJS kesehatan. Sebagai informasi, aplikasi ini sudah ada sebelum pandemi Covid-19. Sekarang di masa pandemi, aplikasi ini sangat berguna untuk saya yang tidak keluar rumah bila memang tidak diperlukan,” kata Rahmat, Senin (19/04/2021).

Rahmat menceritakan pengalamannya dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Sebagai karyawan swasta yang sering berpindah-pindah kota tempat bekerja, ia sekarang tidak lagi perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan hanya untuk sekedar mengganti fasilitas kesehatan.

Hal itu bisa ia lakukan cukup dari aplikasi.

"Tinggal menunggu bulan selanjutnya untuk saya bisa berobat di fasilitas kesehatan baru yang saya pilih. Saya tidak lagi perlu mengantre dengan belasan orang lainnya. Melalui aplikasi Mobile JKN, saya juga bisa cek ketersediaan kamar di rumah sakit, bahkan bisa melihat tagihan BPJS Kesehatan jika terdaftar sebagai peserta mandiri, menentukan jadwal konsultasi dengan dokter, screening, dan melaporkan pengaduan. Komplit,” kata Rahmat puas.

Di samping itu Rahmat juga mengatakan bahwa yang paling melegakan adalah tidak perlu takut untuk berobat bila ia lupa bawa kartu KIS, karena di aplikasi Mobile JKN sudah ada kartu digital.

Hanya dengan menunjukkan kartu kepada petugas tanpa harus ribet ke sana kemari untuk fotocopy kartu KIS.

"Terima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah memberikan kemudahan dalam layanan Program JKN-KIS dan saya harap Program JKN-KIS akan tetap dan selalu ada untuk masyarakat Indonesia. Semoga teman-teman sekalian bisa merasakan manfaat dan kemudahan yang ditawarkan dari Program JKN-KIS," ucap Rahmat.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved