Breaking News:

Kunci Jawaban SD

Sebutkan Gagasan Pokok dan Pendukung Setiap Paragraf Manfaat Minyak Bumi Untuk Kehidupan Manusia

Berdasarkan Bacaan di Atas Sebutkan Gagasan Pokok dan Pendukung Setiap Paragraf Tematik 9 Kelas 4 SD/MI Subtema 2, Pembelajaran 4, Halaman 79.

Tribun Sumsel
Kunci Jawaban Tema-9 Kelas 4 Halaman 79 : Manfaat Minyak Bumi Untuk Kehidupan Manusia 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Berdasarkan bacaan teks itu, sebutkan gagasan pokok dan pendukung setiap paragraf. Kunci jawaban tema 9, Kelas 4 Halaman 79.

Tematik 9 Kelas 4 SD/MI, Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Pembelajaran 4.

Disclaimer : Kunci jawaban di bawah hanya sebagai panduan bagi orang tua. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di bawah.

Baca juga: Contoh Perilaku Bertanggung Jawab Memanfaatkan Sumber Daya Alam, Kunci Jawaban Kelas 4

Baca juga: Apa Saja Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Populasi Elang Jawa? Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4

Baca juga: Lingkungan Memiliki Daya Dukung Bagi Kehidupan Apa Maksudnya? Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Hal 26

Ayo Membaca (Halaman 79)

Manfaat Minyak Bumi Untuk Kehidupan Manusia

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak bisa terbayang seandainya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau.

Gambar Soal Tema 9 Kelas 4 Halaman78
Gambar Soal Tema 9 Kelas 4 Halaman78 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)

Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Proses pengolahan minyak bumi dilakukan secara bertahap dan bertingkat. Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak residu seperti bensin, solar, bensol, oli, dan minyak tanah. Beberapa bahan bakar ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia. Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik. Hasil lain dari pengolahan minyak bumi ternyata juga masih bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Halaman
1234
Penulis: Novaldi Hibaturrahman
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved