Breaking News:

Saat India Dilanda Gelombang Baru Covid-19, Ada 132 WN India Masuk Indonesia, 9 Positif

Ratusan WNA asal India tersebut sebagian besar adalah ibu rumah tangga dan anak-anak yang memiliki kartu izin tinggal serbatas (Kitas)

Editor: Wawan Perdana
corona.sumselprov.go.id
Ilustrasi virus corona : Saat kondisi India memburuk, ternyata ada 132 warga negara (WN) India masuk Indonesia. 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA-India saat ini sedang dilanda gelombang baru Covid-19. Dalam waktu 1 minggu saja, terdapat tambahan satu juta kasus positif Covid-19.

Saat kondisi negeri dengan 1,3 miliar penduduk itu memburuk, ternyata ada 132 warga negara (WN) India masuk Indonesia.

Banyak orang bertanya bagaimana kronologi dan kesehatan warga asing itu.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih mengatakan, ratusan WNA tersebut masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menumpangi pesawat carter.

"Sampai hari ini yang masuk melalui India yang datang langsung dengan pesawat carter. Mereka 132 orang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta," kata Benget saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/4/2021).

Benget mengatakan, ratusan WNA asal India tersebut sebagian besar adalah ibu rumah tangga dan anak-anak yang memiliki kartu izin tinggal serbatas (Kitas).

Namun, ia mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan pengetatan terhadap kedatangan WNA asal India tersebut seperti melakukan pemeriksaan Covid-19 dan karantina di hotel selama lima hari.

"Walaupun mereka membawa hasil negatif dari luar negeri, kemarin kita melakukan swab PCR dari satu hotel ada Hotel Ibis Tamarin 67 orang ditempatkan di sana, sembilan yang positif, dan ini sudah kita lakukan evakuasi dan diisolasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Benget mengatakan, saat ini, pemerintah tengah membahas rencana untuk pelarangan sementara untuk WNA asal India masuk ke Indonesia.

Namun, ia belum dapat memastikan kapan pemerintah akan mengumumkan secara resmi pelarangan sementara WNA asal India masuk ke Indonesia. "

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved