Breaking News:

Ingin Akhiri Perang Selama 20 Tahun, Joe Biden Akan Tarik Tentara AS dari Afghanistan

Ingin Akhiri Perang Selama 20 Tahun, Joe Biden Akan Tarik Tentara AS dari Afghanistan

Editor: Slamet Teguh
AP Photo/ Carolyn Kaster
Biden yang akan dilantik pada 20 Januari 2021, menjadi presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat dengan usia 78 tahun. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Peperangan yang terjadi di Afghanistan selama 20 tahun terakhir tampaknya bakal berakhir.

Hal itu tak lepas usai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan menarik pasukan AS di Afghanistan pada 11 September nanti, kata pejabat AS pada Selasa (13/4/2021).

"Setelah tinjauan kebijakan yang ketat, Presiden Biden telah memutuskan untuk menarik pasukan yang tersisa di Afghanistan dan akhirnya mengakhiri perang AS di sana setelah 20 tahun," kata seorang pejabat senior pemerintah kepada wartawan, dikutip dari Al Jazeera. 

Tanggal penarikan pasukan tersebut, tepat pada peringatan 20 tahun serangan Al-Qaeda di Amerika Serikat, yang memicu perang di Afghanistan.

Sebelumnya, Biden mengisyaratkan akan mengganti tenggat waktu 1 Mei yang merupakan hasil perundingan Donald Trump dengan Taliban.

Sebab menarik 2.500 pasukan akan sulit dan berpotensi membahayakan.

Para pejabat AS juga menyalahkan Taliban karena gagal berkomitmen mengurangi kekerasan dan mengecam hubungan Taliban dengan Al-Qaeda.

Dalam sebuah pernyataan bulan lalu, Taliban mengancam akan melanjutkan permusuhan terhadap pasukan asing di Afghanistan jika mereka tidak memenuhi tenggat waktu 1 Mei.

Dilansir Reuters, kabar rencana Biden mengumumkan penarikan pasukan membuat komunitas intelijen AS prihatin dengan nasib pemerintah Afghanistan. 

"Pemerintah Afghanistan akan berjuang untuk menahan Taliban jika koalisi menarik dukungan," kata pihak AS, yang dikirim ke Kongres.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved