Breaking News:

Berita OKI

Bupati OKI Luncurkan Website Layanan Administrasi Kependudukan Online (Lakon) Mandira

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar SE membuka sosialisasi dan melaunching website layanan administrasi kependudukan online (Lakon) Mandira.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar SE membuka sosialisasi dan melaunching website layanan administrasi kependudukan online (Lakon) Mandira dari rumah bisa, dikantor Disdukcapil OKI, Senin (12/4/2021) siang 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar SE membuka sosialisasi dan melaunching website layanan administrasi kependudukan online (Lakon) Mandira dari rumah bisa, dikantor Disdukcapil OKI, Senin (12/4/2021) siang.

Pelayanan berbasis online tersebut disuguhkan pemerintah daerah dalam memudahkan kepengurusan terkait administrasi kependudukan bagi masyarakat Bumi Bende Seguguk.

Nantinya website tersebut menyajikan pelayanan untuk pendaftaran pembuatan E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Kartu Identitas Anak.

"Iya software tersebut juga bisa memberikan informasi terkait administrasi kependudukan para pemilik,"

"Tidak hanya itu, dalam web tersebut nantinya juga akan menyediakan informasi dan pemberitaan terkait kegiatan seputar kepengurusan dokumen," jelas Bupati OKI, H. Iskandar SE yang diwakili Assisten 1 Antonius Leonardo.

Baca juga: PLN Listriki Desa Sentra Tambak Udang di OKI, Sumsel

Dikatakan lebih lanjut, pelayanan berbasis online harus terus dikembangkan dan ditingkatkan, karena program ini akan menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Selain itu, sosialisasi terhadap masyarakat juga sangat penting untuk dilakukan, apalagi terhadap desa-desa yang berada di pesisir yang masih kurang pemahaman tentang teknologi," ujarnya.

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar SE membuka sosialisasi dan melaunching website layanan administrasi kependudukan online (Lakon) Mandira dari rumah bisa, dikantor Disdukcapil OKI, Senin (12/4/2021) siang
Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar SE membuka sosialisasi dan melaunching website layanan administrasi kependudukan online (Lakon) Mandira dari rumah bisa, dikantor Disdukcapil OKI, Senin (12/4/2021) siang (TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO)

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Provinsi Sumatera Selatan, Fu'adi S.Pd secara langsung mensupport peluncuran software ini dan berharap masyarakat dapat lebih mudah mengurus dokumen tanpa harus datang langsung ke kantor Disdukcapil OKI.

"Pelayanan administrasi Desa dan Kelurahan diharapkan bisa menjadi penyambung lidah bagi kami dalam promosi pelayanan administrasi penduduk berbasis online ini. Terutama daerah yang jangkauannya jauh seperti Air Sugihan, Cengal dan Tulung Selapan," terang Fu'adi.

Baca juga: Jadwal Lengkap Waktu Imsak dan Berbuka Puasa Ramadhan Kayuagung Kabupaten OKI

Sementara itu, Kepada Disdukcapil OKI, Hendri M. Si menyebutkan pelayanan online ini bisa menghindari adanya oknum-oknum calo dan pungutan liar dalam membantu kepengurusan dokumen.

Menurutnya, selain kepengurusan dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut. Sistem pengambilan dokumen juga dapat dilakukan dengan pengiriman langsung ke rumah-rumah pemohon.

"Terhitung mulai bulan Juni 2020 lalu, kita tidak lagi menggunakan tanda tangan basah dan sudah menggunakan kertas HVS dalam mencetak KK dan Akte,"

"Hanya saja untuk KTP setelah selesai dicetak. Pemohon bisa mengajukan untuk dilakukan pengiriman menggunakan layanan kantor pos, semua tidak dipungut biaya sepeserpun," imbuhnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved