Breaking News:

Berita Musirawas

Pantau Pilkades Serentak Musirawas, Bupati Ratna Machmud: Siapapun Menang Berpelukan Lagi

Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud memantau langsung pelaksanaan Pilkades yang tengah berlangsung di Desa Suro Kecamatan Muara Beliti.

SRIPOKU/AHMAD FAHROZI
Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud bersama Kapolres Musirawas AKBP Efrannedy dan Dandim 0406 Letkol Inf Erwinsyah Taupan saat monitoring pelaksanaan pilkades Desa Suro Kecamatan Muara Beliti 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud menyatakan, pemilihan kepala desa (Pilkades) jangan jadi perpecahan diantara warga.

Menurutnya, warga di desa semuanya bersaudara. Karena itu kalah menang harus tetap akur dan kembali berangkulan seperti semula sebelum pilkades.

Hal ini dikatakan Hj Ratna Machmud saat monitoring pelaksanaan pilkades di Desa Suro Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musirawas, Kamis (8/4/2021).

"Saya harapkan pelaksanaan demokrasi berjalan dengan baik. Karena itu, kalah atau menang semua pihak harus menerima. Kita semua bersaudara, sikok dusun hame wang kite bedulur gale (satu desa sama orang kita keluarga semua-red). Siapapun yang menang berpelukan lagi," kata Hj Ratna Machmud.

Baca juga: Pilkades Serentak Musirawas Kamis 8 April, Kapolres Beri Pesan Kepada Calon Kades

Dikatakan, bagi calon kades yang menang itu harus disadari bahwa kemenangan tersebut adalah amanah dan harus berpihak kepada rakyat.

Dan bagi yang kalah harus berlapang dada dan legowo menerima kekalahan.

"Pilkades usai, usai pula urusan politik," katanya.

Dikatakan, dari hasil monitoring yang dilaksanakan, dia melihat bahwa masyarakat Musirawas secara umum di desa yang menggelar pilkades sadar politik.

Dimana, partisipasi masyarakat cukup tinggi untuk menggunakan hak suaranya. 

"Syukur alhamdulillah, masyrakat disini sadar politik. Sehingga sampai saat ini saja mereka sudah hampir 90 persen memilih. Tinggal beberapa persen lagi yang ditunggu dan masih terus datang ke TPS. Mereka menggunakan haknya memilih, tidak ada paksaan," katanya.

Baca juga: PT Lonsum Salah Transfer, Pemkab Musirawas Bakal Kembalikan Uang Rp 29 Miliar ke Muratara

Disebutkan, untuk menjaga agar pelaksanaan pilkades ini berlangsung aman, tertib dan lancar, dia sudah menginstruksikan kepada pihak Pokja, camat hingga panitia ditingkat desa agar jangan ada keberpihakan kepada calon tertentu.

Dia menegaskan, jajaran penyelenggara harus netral.

Sementara itu, dalam melaksanakan monitoring pelaksanaan pilkades ini, juga dilakukan oleh Kapolres Musirawas AKBP Efrannedy, Dandim 0406 MLM Letkol Erwinsyah Taupan dan stake holder terkait lainnya. 

"Sejak dari semalam sampai hari ini kita terus monitoring pelaksanaan pilkades di Musirawas. Sampai saat ini masih kondusif. Kepada personil juga kami instruksikan agar terus mengawal dan mengamankan jalannya pilkades ini dengan penuh tanggung jawab supaya pillades berjalan aman dan damai," kata Kapolres Musirawas AKBP Efrannedy.  (SRIPOKU/AHMAD FAHROZI)

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved