Breaking News:

Berita Palembang

Sekda Palembang Ratu Dewa Resmikan Sentra Ikan Hias, Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Sentra Ikan Hias ini bisa sebagai destinasi wisata baru di Palembang. Karenanya, pengelola juga harus bisa menghimpun para pedagang ikan.

ISTIMEWA
Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa meresmikan sentra ikan hias yang berlokasi di Pasar Ikan Modern Palembang, Senin (22/3/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Boomingnya pengemar ikan hias di tengah pandemi menjadi peluang bagi para pedagang ikan hias.

Untuk mengakomodir para penggemar ikan hias mendapatkan jenis ikan yang disukai, kini di Palembang sudah ada Sentra Pasar Ikan Hias yang lokasinya satu gedung dengan Pasar Ikan Modern (PIM) Jalan MP Mangkunegara Kenten Palembang

Di sini sedikitnya ada 90 orang pedagang ikan hias yang menjajakan berbagai jenis ikan, salah satunya ikan cupang yang memang tengah digemari.

Banyak pilihan dan harga yang ditawarkan. Selain itu, sentra ikan hias juga menyediakan kebutuhan perlengkapan perawatan ikan hias.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, meski telah diresmikan sebagai sentra ikan hias namun yang harus menjadi catatan pengelola adalah bagaimana memberikan rasa nyaman bagi pengunjung yang datang.

"Terpenting nyaman dari segala sisi dulu. Lapaknya tertata rapi, bersih sehingga peminatnya pun juga akan mau datang ke sini," ujarnya, usai meresmikan Sentra Ikan Hias, Senin (22/3/2021)

Menurut Dewa, Sentra Ikan Hias ini bisa sebagai destinasi wisata baru di Palembang. Karenanya, pengelola juga harus bisa menghimpun para pedagang ikan yang tak memiliki lapak bisa bergabung di Pasar Ikan Modern.

"Inginnya kami begitu, jadi PIM ini bisa berfungsi sesuai dengan namanya dan juga dilengkapi jenis ikan lain seperti arwana, louhan dll sehingga sentra ikan hias itu ada disini. Ini bukan hanya tugas asosiasi tapi juga Patralog sebagai pengelola pasar," katanya.

Berkaca dengan kota besar lain yang telah punya Sentra Ikan Hias seperti di Surabaya dan Jakarta, dimana semua pedagang ikan terhimpun berada di satu lokasi.

"Harus ditata dan diseriusi, janga setelah peresmian selesai tapi ada kesinambungan. Apalagi ini sudah diserah terima dari Pemkot ke Patralog, sekaranglah Patralog harus menyusun plan bisnis itu," ujarnya.

Sementara itu, Manager Pasar Ikan Modern, Zulkarnain mengatakan untuk saat ini pedagang ikan hias masih didominasi oleh pedagang ikan cupang.

Mengingat tren memilihara ikan cupang sedang naik daun.

"Kita mengikuti pasar. Sekarang yang sedang booming Cupang. Tidak menutup kemungkinan nanti berganti arwana atau louhan. Soal harga disini bervariasi mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 500 - 1 Juta ada," katanya.

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved