Breaking News:

Berita Muratara

PT Lonsum Salah Transfer, Pemkab Musirawas Bakal Kembalikan Uang Rp 29 Miliar ke Muratara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas akan mengembalikan uang Rp 29 miliar ke Pemkab Muratara. Hal itu terkait salah tranfer Pt Lonsum 2014 Silam.

ISTIMEWA
Mediasi antara Pemkab Musirawas dan Pemkab Muratara yang ditengahi Kejari Lubuklinggau, Rabu (742021). Mediasi ini terkait uang salah transfer senilai Rp 29 miliar dari PT Lonsum. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas akan mengembalikan uang Rp 29 miliar ke Pemkab Musi Rawas Utara (Muratara). 

Uang tersebut merupakan hasil dari pajak retribusi dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari PT London Sumatera (Lonsum) tahun 2014 silam.

PT Lonsum mentransfer ke Pemkab Musirawas, padahal seharusnya ditransfer ke Pemkab Muratara karena sudah pemekaran kabupaten.

Kesepakatan antara Pemkab Musirawas dan Pemkab Muratara terkait pengembalian uang tersebut setelah dilakukan mediasi antara kedua belah pihak. 

Mediasi ditengahi Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau, melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Rabu (7/4/2021) di Lubuklinggau.

Baca juga: Ternyata Masih Ada Kendaraan Dinas Pemkab Muratara Dibawa Keluar Daerah untuk Kepentingan Pribadi

Mediasi dihadiri Bupati Muratara Devi Suhartoni, Wakil Ketua I DPRD Muratara Amri Sudaryono, Wakil Ketua II DPRD Muratara Devi Arianto, serta didampingi Penasihat Hukum Pemkab Muratara, Edwar Antoni.

Sementara dari Pemkab Musirawas juga dihadiri langsung Bupati Ratna Machmud, didampingi Sekda Musirawas, EC Priskodesi, Kepala BPKAD Musirawas, Zulkipli dan OPD lainnya.

Kepala Kejari Lubuklinggau, Willy Ade Chaidir mengatakan Kejaksaan melalui Bidang Datun telah berhasil memediasi pertemuan antara Pemkab Musirawas dan Pemkab Muratara.

"Hasil dari mediasi, Pemkab Musirawas akan mengembalikan uang salah transfer senilai Rp 29 miliar ke Pemkab Muratara dengan cara bertahap selama 3 tahun," katanya.

Baca juga: Aksi Pencuri Perabotan di Muratara Saat Listrik Padam Hujan Deras, Ini Imbauan Sat Reskrim Muratara

Bupati Muratara, Devi Suhartoni mengucapkan banyak terima kasih atas fasilitasi mediasi yang diberikan Kejari Lubuklinggau.

Alhasil, adanya kesepakatan antara Pemkab Musirawas dengan Pemkab Muratara terkait kesalahan transfer PT Lonsum senilai Rp 29 miliar tersebut.

"Kami sangat bersyukur, apa yang menjadi hak Kabupaten Muratara bisa dikembalikan, kami mengucapkan terima kasih kepada Kejari Lubuklinggau dan Pemkab Musirawas," kata Devi. 
 

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved