Breaking News:

Berita Palembang

Hari Bakti Kemasyarakatan ke-57 Lapas IIB Kayuagung Razia Gabungan, Petugas Dapati Benda Terlarang

Tidak ditemukan sama sekali barang narkotika di dalam lapas. Serta kami juga mengambil sampel 10 penghuni dan hasil seluruhnya negatif.

TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
Dari razia yang berlangsung hingga larut malam di Lapas IIB Kayuagung tersebut didapati berbagai barang terlarang seperti korek gas, kawat tembaga, ikat pinggang, sendok, charger handphone dan lain-lain, Selasa (6/4/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Razia dan penggeledahan besar-besaran ke blok hunian para narapidana lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kayuagung mengerahkan 120 orang petugas gabungan Polisi/TNI dan BNNK OKI, Selasa (6/4/2021) malam.

Dari razia yang berlangsung hingga larut malam tersebut didapati berbagai barang terlarang seperti korek gas, kawat tembaga, ikat pinggang, sendok, charger handphone dan lain-lain.

"Seluruh barang-barang tersebut telah didata dan langsung dimusnahkan," jelas Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Dadi Mulyadi setelah giat hari bakti kemasyarakatan ke-57 Lapas Kayuagung, Rabu (7/4/2021).

Terkait upaya pencegahan peredaran Narkotika, Dadi mengaku segala upaya telah dilakukan untuk meminimalisir agar barang haram tersebut tak masuk ke dalam rutan.

"Tidak ditemukan sama sekali barang narkotika di dalam lapas. Serta kami juga mengambil sampel 10 penghuni dan hasil seluruhnya negatif,"  katanya. 

"Kegiatan rutin juga kami lakukan seperti penggeladahan terhadap warga binaan, temasuk pengunjung, karena barang-barang ini bisa masuk dari depan ataupun melempar dari pagar," terang dia.

Ditegaskan Dadi, mereka menggandeng mitra kerja aparat penegak hukum (TNI, Polri, BNNK dan Lapas Kayuagung) demi memaksimalkan proses penggeledahan.

"Untuk transparansi bahwa kita serius dalam melaksanakan razia guna menjaga kondisi Lapas dalam keadaan aman dan tertib dari segala bentuk penyimpangan dan pelanggaran," katanya.

Baca juga: SMKN 6 Palembang Wakili Indonesia Dalam Ajang International Conference Online

Baca juga: Sumsel Terapkan PPKM Mikro, Berikut Suasana Pasar di Palembang

Sementara itu, Reza Meidiansyah P, AMd IP, SH mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir barang terlarang seperti senjata tajam, handphone, narkoba dan obat-obatan serta barang terlarang lainnya di dalam Lapas.

"Selain itu penggeledahan kamar hunian sudah rutin dilaksanakan, tapi pada kesempatan ini dalam rangka rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 dan menindak lanjuti surat direktur Keamanan dan ketertiban PAS.2-PK 02.10.02-143 tentang tentang razia serentak," ujarnya singkat.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved