Breaking News:

Antisipasi Karhutlah 2021, Pemkab Muaraenim Siapkan 20 Kendaraan Modifikasi

Pemerintah Kabupaten Muaraenim siap menanggulangi bencana karhutla. Sebanyak 20 unit kendaraan yang telah dimodifikasi siap padamkan api.

TRIBUN SUMSEL/IKA ANGGRAENI
Gelar pasukan kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tahun 2021. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Pemerintah Kabupaten Muaraenim siap menanggulangi bencana karhutla. Sebanyak 20 unit kendaraan yang telah dimodifikasi siap padamkan api.

Hal ini terungkap dalam gelar pasukan kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tahun 2021, yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M yang digelar di Kebun Raya Sriwijaya Desa Kayu Ara Batu Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muaraenim,Selasa,(9/3/2021).

Bupati Muaraenim dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaluddin, S.E di dampingi Abdurrozieq Putra mengatakan bahwa untuk menghadapi karhutlah, Pemkab Muaraenim telah menyiagakan personil dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tahun 2021.

"Selain personel, kita juga telah menyiapkan 20 unit kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi yang diharapkan dapat lebih cepat menjangkau medan sulit dilapangan," katanya.

Selain itu, Pemkab Muaraenim juga sudah memiliki 2 unit mobil tanki suplay dan 30 unit mesin pompa yang siap digunakan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

" musibah bencana adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama, untuk itu dibutuhkan keterlibatan dan dukungan dari semua pihak, termasuk elemen masyarakat untuk terus selalu mengingatkan sesama dalam mengantisipasi melalui tindakan pencegahan bila terjadinya musibah bencana,"katanya.

Ia juga menegaskan kepada dinas terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaraenim bersama dengan unsur terkait untuk terus meningkatkan perhatian khusus terhadap kesiapan personil maupun prasarana yang digunakan.

" Pemkab Muaraenim melalui BPBD Kabupaten Muaraenim bersama unsur TNI/ Polri telah berkoordinasi dalam hal pencegahan dengan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar, hal ini untuk meminimalisir angka kebakaran hutan yang ada di kabupaten Muaraenim,"jelasnya.

Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa akan segera melakukan gelar peralatan kesiapan menghadapi bencana Karhutla ditingkat Kabupaten, yang melibatkan TNI, Polri hingga Perusahaan di Wilayah Kabupaten Muaraenim.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved