Breaking News:

Jarang Kepo, Kunci Sukses Warga Finlandia Selalu Bahagia Setiap Saat

Tidak mau tahu urusan orang lain jadi kunci sukses warga Finlandia selalu bahagia. Sebagai negara paling bahagia di dunia dalam empat tahun terakhir

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Tidak mau tahu urusan orang lain jadi kunci sukses warga Finlandia selalu bahagia.

Sebagai negara paling bahagia di dunia dalam empat tahun terakhir, orang-orang Finlandia tentunya memiliki cara-cara tersendiri untuk menjaga kualitas hidupnya.

Gaya hidup individu ini pun ditunjang dengan fasilitas publik mumpuni dan kinerja pemerintah yang baik.

Uniknya, meski Finlandia negara paling bahagia di dunia selama empat tahun beruntun, orang-orangnya justru tertutup dan jarang ingin tahu urusan orang lain.

"Orang Finlandia secara umum dijenal cukup tertutup dan tidak pandai berbasa-basi," ungkap Ajimufti Azhari (30) atau yang biasa dipanggil Aji, WNI asal Bogor di Helsinki, ibu kota negara tersebut.

Aji yang sudah 8 tahun tinggal di Finlandia melanjutkan, dalam kehidupan bersosial penduduk setempat rata-rata sangat teratur dan terjadwal.

"Sementara di Indonesia kultur spontanitas bikin kehidupan sehari-hari lebih mengalir dan lively," imbuhnya kepada Kompas.com via pesan teks, Sabtu (27/3/2021).

Namun, bukan berarti orang Finlandia tidak suka menggosip. Aji bercerita, gosip-gosip tetap beredar di lingkungan orang terdekat, tapi bukan hal lumrah untuk membicarakan orang lain.

"Orang sini kalau penasaran cenderung tanya langsung juga sih, jadi harus siap juga untuk ditanya frontal."

"Tapi saya setuju kalau kultur gosipnya tidak selumrah masyarakat Indonesia yang cenderung ingin tahu (kepo) seluk beluk kehidupan orang lain hehe," ujar Innovation Manager di salah satu perusahaan energi terbarukan Finlandia ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved