Breaking News:

Tingkatkan Customers Experience, PLN launching Outage Management

PLN secara resmi me-launching "Outage Management for Customers" pada 1 April. Ini adalah Program terintegrasi guna Tingkatkan kepuasan pelanggan PLN.

PLN UIW S2JB
PLN secara resmi me-launching "Outage Management for Customers" pada 1 April 2021 lalu.Outage Management (OM) merupakan suatu program terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan penyediaan listrik dari PLN.
PLN UIW S2JB
PLN secara resmi me-launching "Outage Management for Customers" pada 1 April 2021 lalu.Outage Management (OM) merupakan suatu program terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan penyediaan listrik dari PLN.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebagai bagian dari peningkatan Pengalaman Pelanggan dalam menikmati layanannya, PLN secara resmi me-launching "Outage Management for Customers" pada 1 April 2021 lalu.

Program ini sendiri merupakan bagian dari Transformasi PLN yang telah dimulai sejak Tahun 2020 lalu. 

Pre launcing_ Outage Management (OM) di PLN UIW S2JB sendiri telah dimulai sejak 1 Febuari 2021, yang secara bertahap dilaksanakan di seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3)nya, antara lain: Palembang, Jambi, Muara Bungo, Lahat, Bengkulu dan Ogan Ilir.

Terlaksananya Go- Live pada seluruh unit pelaksana PLN  menjadi penanda bahwa PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) telah siap sepenuhnya untuk mengimplemantasikan OM.

Outage Management (OM) merupakan suatu program terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan penyediaan listrik dari PLN.

OM menggunakan teknologi  artificial intelligence  yang saling terintegrasi, dan dilengkapi dengan  big data  untuk mempercepat penanganan pengaduan pelanggan dan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi jika terjadi gangguan kelistrikan. 

Untuk semakin meningkatkan kecepatan dan ketepatan informasi kepada pelanggan, OM juga diperkaya dengan infoblast yaitu pengiriman notifikasi pemadaman secara otomatis dan real time pada aplikasi PLN Mobile bila terjadi pemeliharaan dan gangguan, serta pelayanan borderless,

dimana jika sebelumnya petugas pelayanan teknik melayani pelanggan sesuai unit kerja masing- masing, kini pelayanan teknik PLN bisa dilakukan oleh petugas yang terdekat dari lokasi gangguan.

General Manager PLN UIW S2JB, Bambang Dwiyanto dalam keterangan pers nya mengatakan bahwa Outage Management for Customers ini sebagai sebuah breakthrough yang memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. 

"Dengan mengintegrasikan berbagai teknologi, seperti: artificial intelligence, big data, infoblast, PLN Mobile serta Supervisory Control and Data Acquisition, sebagai bukti bahwa PLN senantiasa berinovasi dengan berfokus pada customer experience," ungkapnya. 

Dirinya juga menambahkan bahwa Outage Management ini juga diintegrasikan dengan layanan Listriqu, yakni layanan pelanggan terkait masalah kelistrikan atau instalasi listrik dirumah pelanggan secara cepat, akurat, dan transparan serta dilaksanakan oleh petugas yang terampil dan tersertifikasi.

Untuk itu Bambang yakin bahwa keseluruhan integrasi dari OM ini akan menghadirkan Total Solution bagi seluruh pelanggan PLN. 

Penerapan OM juga dapat dihadirkan dalam fitur di PLN Mobile. Pelanggan dapat melihat progress penyelesaian dari pengaduan yang mereka ajukan melalui PLN Mobile, dimulai dari waktu pelaporan, penugasan regu yang akan melayani, proses pengerjaan hingga waktu nyala kembali.

"Dengan Outage Management for Customers ini, kita berharap bahwa layanan PLN akan semakin mudah dirasakan oleh seluruh pelanggannya dimanapun berada. Tidak hanya mudah, namun juga cepat juga akurat, sehingga ini akan memberikan experience tersendiri bagi pelanggan dalam merasakan layanan yang diberikan PLN", tutup Bambang.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved