Breaking News:

Menggandeng Bank BSB, Bupati OKI Melaksanakan Giat Pembersihan Sungai Komering

Tumbuhan eceng gondok yang memenuhi Sungai Komering, Kabupaten Ogan Komering Ilir yang terbentang

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Prawira Maulana
WINANDO
Gerakan peduli sungai Komering digagas langsung Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar SE dengan cara gotong royong, Jum'at (26/3/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Tumbuhan eceng gondok yang memenuhi Sungai Komering, Kabupaten Ogan Komering Ilir yang terbentang melewati tiga Kecamatan mulai dibersihkan, Jum'at (26/3/2021) pagi.

Langkah ini diambil guna mengantisipasi terjadinya banjir saat memasuki puncak musim penghujan akibat luapan air sungai.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati OKI H.Iskandar SE, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Kayuagung RM.Rozali Anton, OPD dan Camat Kayuagung serta Forkopimda.

Di sela jalannya acara, Bupati OKI H.Iskandar SE menerangkan kegiatan bersih-bersih sungai ini secara serentak dilakukan di sepuluh titik yang masuk Kecamatan Kayuagung, Sirah Pulau Padang, dan Pedamaran.

"Kami melibatkan berbagai pihak untuk melakukan pembersihan tumpukan eceng gondok dan sampah-sampah ini. Karena ini bisa jadi penyebab banjir ke permukiman warga yang tinggal disekitar sungai," jelasnya kepada awak media.

Dikatakan lebih lanjut, Iskandar juga meminta masyarakat untuk peduli terhadap  lingkungan sekitar terutama sungai.

Menurutnya, sungai merupakan pusat kegiatan masyarakat Kayuagung dan merupakan salah satu sumber kehidupan.

"Kami juga berterima kasih kepada Bank Sumsel Babel yang peduli terhadap lingkungan sehingga tercipta padat karya dan mendukung program-program pemerintah daerah," 

"Ke depan kami mengajak seluruh warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai untuk ikut berkontribusi menjaga kebersihan," tutur Bupati 2 periode tersebut.

Di lokasi yang sama, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Kayuagung RM. Rozali Anton juga mengatakan pentingnya kegiatan peduli lingkungan pembersihan sungai Komering.

"Program ini memang baru pertama kali dilakukan dan Insya Allah tahun depan akan dilanjutkan dengan kegiatan yang lebih besar lagi. Tentunya kegiatan padat karya ini rutin kami selenggarakan bersama pemerintah daerah OKI," terang RM. Rozali.

Melalui program Ayo Bersih Sungai Komering, Rozali ingin mengedukasi pentingnya lingkungan sungai yang bersih dan sehat. 

"Jika sungai dibersihkan, ditata dan dijaga, keberadaannya dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya," ajaknya mari menjaga secara bersama.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved