Breaking News:

OKI Mandira

Pemkab OKI Sosialisasikan Strategi Penguatan Kelembagaan Melalui Penyederhanaan Birokrasi

Penyederhanaan birokrasi yang menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin

WINANDO/TRIBUNSUMSEL.COM
Acara Sosialisasi Pengelolaan Kelembagaan Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Senin (22/3/21) sore. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Penyederhanaan birokrasi yang menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin, ditargetkan selesai pada Juni 2021. Demikian di pemerintah daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang tegak lurus dengan kebijakan presiden tersebut. 

Tujuannya selain memangkas struktural menjadi dua level, pemangkasan lembaga atau badan juga ditargetkan selesai pada kurun waktu tersebut. 

"Penyederhanaan birokrasi wajib dilakukan oleh seluruh instansi, baik pusat maupun daerah," ujar Edy Rofik, MM Koordinator Kelembagaan dan Analis Jabatan Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementrian Dalam Negeri pada Acara Sosialisasi Pengelolaan Kelembagaan Perangkat Daerah Kabupaten OKI, Senin (22/3/21) sore.

Untuk mewujudkan target tersebut, ujar Edy instansi pusat dan daerah perlu bekerja secara kolektif. 

"Penyederhanaan birokrasi akan dapat berjalan lancar apabila seluruh instansi pemerintah, baik pusat dan daerah, dapat memahami visi misi Presiden dan Wakil Presiden serta saling bekerja sama dengan baik," ungkap dia.

Asisten III Setda OKI H. M. Lubis mengatakan, disetiap daerah tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, hal inilah yang menentukan jumlah perangkat daerah di masing-masing pemda

"Jumlah perangkat daerah ditetapkan berdasarkan kriteria karakteristik daerah atau yang disebut dengan variabel faktor umum yang terdiri dari variabel jumlah penduduk, luas wilayah, dan jumlah APBD Sedangkan kriteria variabel faktor teknis meliputi unsur-unsur substansi masing-masing urusan, ketersediaan SDM, sarana prasarana penunjang tugas, luas cakupan tugas dan beban kerja" Ungkap Asisten III Setda OKI H. M. Lubis.

Acara ini dimaksudkan untuk menciptakan pelayanan terbaik di masyarakat, untuk itu diperlukan sebuah sistem birokrasi yang dinamis, professional, efektif dan efisien dalam melayani masyarakat, hal inilah yang terus menerus diupayakan oleh Pemkab OKI yang sejalan dengan Instruksi Pemerintah Pusat

"Sesuai Instruksi Bapak Presiden untuk melakukan Penyederhanaan birokrasi sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja birokrasi pemerintah guna mempercepat pengambilan keputusan melalui komunikasi yang fleksibel serta proses bisnis yang sederhana" Terang Lubis

Lubis juga meminta kepada seluruh peserta acara agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya pelaksanaan Kelembagaan Perangkat Daerah dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Turut Hadir dalam acara ini Ediy Rofik, M.M. & Lilik Jonet Pranowo, S.S. dari Biro Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri selaku Pemateri, Ka. OPD di Lingkungan Pemkab OKI, Camat se-Kabupaten OKI, serta seluruh Kasubbag Kepegawaian di Masing-Masing Instansi.(adv)

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved