Breaking News:

Pajak Nol Persen Dongkrak Penjualan Mobil Sampai Naik 45 Persen

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk mobil baru yang mulai berlaku 1 Maret 2021 membuat harga mobil baru turun

HARTATI/TRIBUNSUMSEL.COM
Pegawai Astra Daihatsu Palembang memperlihatakan mobil Alya yang menjadi best seller . 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk mobil baru yang mulai berlaku 1 Maret 2021 membuat harga mobil baru turun bahkan hingga puluhan juta rupiah.

Dampaknya membuat penjualan mobil naik seperti yang dialami Astra Daihatsu pusat Plaju.

Penjualan mobil yang termasuk PPnBM nol persen yang mendapat kebijakan ini ada empat jenis  berlaku mulai 1 Maret hingga 31 Mei 2021.

Keempat model Daihatsu itu adalah Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Minibus naik hingga 45 persen sejak kebijakan ini digulirkan.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Kantor pusat Plaju, Gusyandri mengatakan dampak kebijakan tersebut membuat penjualan mobil cukup terdongkrak khususnya empat jenis mobil tersebut.

Dampaknya karena banyak yang pesan khususnya hingga 31 Mei yang full pajak nol persen membuat permintaan mobil harus inden.

"Terios dan Xenia yang paling banyak dipesan konsumen," kata Gusyandri, Senin (22/3/2021).

Empat model mobil Daihatsu yang mendapat kebijakan PPnBM nol persen turun harga hingga puluhan juta. Misalnya saja mobil Terios dijual Rp 273 jutaan sebelum kebijakan PPnBM nol persen dan setelah kebijakan diterpakan harganya menjadi Rp 256 jutaan.

Xenia dibandrol Rp 238 jutaan sebelum kebijakan PPnBM nol persen dan setelah kebijakan diterpakan harganya menjadi Rp 224 jutaan.

Grand max  dibandrol Rp 187 jutaan sebelum kebijakan PPnBM nol persen dan setelah kebijakan diterpakan harganya menjadi Rp 175 jutaan.

Luxio dibandrol Rp 238 jutaan sebelum kebijakan PPnBM nol persen dan setelah kebijakan diterpakan harganya menjadi Rp 222 jutaan.

Untuk mendongkrak penjualan semakin maksimal, Astra Daihatsu pusat Plaju juga gencar menggelar event virtual karena di masa new normal ini penjualan virtual mendominasi penjualan mobil yang ada saat ini.

65 persen penjualan mobil berhasil dijual dengan cara online baik melalui virtual event ataupun dijual langsung oleh wiraniaga melalui laman media sosialnya masing-masing.

"Pandemi mengubah kebiasaan masyarakat berinteraksi karena lebih banyak di rumah saja dan aktif secara virtual sehingga metode penjualan juga ikut berubah mengikuti perubahan kebiasaan masyarkat," jelas Gusyandri.

Minggu ini Astra Daihatsu Palembang kembali mengelar virtual event yang akan menonjolkan produk unggulannya yakni Gran max juga Sigra dan Alya yang disiarkan secara langsung melalui laman instagram daihatsuastrapalembang, Rabu (24/3/2021). Selama event berlangsung bakal ada penawaran menarik juga hadiah langsung.(tnf)

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved