Breaking News:

Berita Politik

Terbukti Ikut KLB Demokrat, Nurwati Wahab Gantikan Hairul Ilyas Sebagai Ketua DPC Demokrat Muba

Alasan penunjukan Nurwati beliau orang sana loyalitas partai, meski tidak duduk di DPRD Sumsel tetap menjadi kader Partai Demokrat yang loyal.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel Firdaus Hasbullah dalam waktu dekat DPD Demokrat bakal menggelar Apel seluruh DPC menolak hasil KLB, Selasa (9/3/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tindakan tegas mulai dilakukan partai Demokrat dibawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), terhadap sejumlah kader yang melakukan Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) beberapa waktu lalu di Sibolangit Sumatera Utara (Sumut).

Wakil ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumsel Nurwati Wahab, ditunjuk sebagai Plt Ketua DPC Demokrat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), menggantikan Hairul Ilyasa yang terbukti mengikuti KLB.

Penegasan ini disampaikan Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel Firdaus Hasbullah, Selasa (9/3/2021).

"Benar, untuk Ketua DPC Muba sudah dicopot dan Nurwati sudah resmi menjadi Plt Ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Muba, sejak 4 Maret 2021. Surat Keputusan (SK) penunjukan Plt Ketua DPC Partai Demokrat Muba ditanda tangani langsung Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)," kata Firdaus.

Menurut Firdaus penunjukan Plt ketua DPC Partai Demokrat Muba sesuai dengan surat keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

"Karena terbukti terlibat dalam Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) yang jelas bertentangan dengan AD/ART dan Kode Etik Partai Demokrat," tegasnya.

Baca juga: Wanita Muda di Palembang Tertipu Akun Palsu di IG, Pesan Baju Ratusan Ribu, Barang tak Dikirim

Baca juga: Tolak KLB, Demokrat Gelar Apel Siaga se-Sumsel, Ketua DPC Palembang Jadi Tuan Rumah

Ditambahkan Firdaus Hasbullah, atas dasar tersebut Hairul sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Muba, telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan AD/ART Partai Demokrat, Kode Etik dan Keputusan-keputusan Partai.

"Untuk itu, kepada yang bersangkutan diberikan sanksi tegas sesuai ketentuan organisasi partai," sambung mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten PALI ini.

Dilanjutkan Firadus Hasbullah yang juga pengacara muda di Sumsel ini, ada beberapa pertimbangan penunjukan Nurwati sebagai Plt Ketua DPC Partai Demokrat Muba.

"Beliau adalah kader dan masuk unsur pimpinan di DPD Partai Demokrat Sumsel. Saat ini dia adalah Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel. Memang seyogjanya kalau Plt harus pejabat lebih tinggi setingkat, kalau DPC berarti harus dari DPD," tandasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved