Breaking News:

Berita Pendidikan

Literasi Adalah? Literasi Bukan Hanya Baca dan Tulis, Ada Juga Digital dan Keuangan, Ini Artinya

Apa itu literasi? Banyak orang membicarakan perlunya literasi. Literasi bukan hanya soal membaca, ada juga namanya literasi keuangan hingga digital

Tribunsumsel.com
Apa itu literasi? Banyak orang membicarakan perlunya literasi. Literasi bukan hanya soal membaca, ada juga namanya literasi keuangan hingga literasi digital. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Apa itu literasi? Banyak orang membicarakan perlunya literasi. Literasi bukan hanya soal membaca dan menulis, ada juga namanya literasi keuangan hingga literasi digital.

Literasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online adalah, yakni kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, dan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Literasi saat ini sangat penting sebagai bekal seseorang menjalankan aktivitas. Sehingga keputusan yang diambilnya memiliki manfaat dan berguna.

Pemerintah saat ini juga sangat gencar mengkampanyekan literasi. Bahkan ada yang namanya duta literasi disetiap daerah.

Seperti disebutkan di atas, literasi itu tidak hanya kemampuan baca dan tulis.

Baca juga: Arti Sidratul Muntaha dalam Peristiwa Isra Miraj, Berikut Keadaannya Menurut Hadist Riwayat Bukhari

Kemdikbud dalam gerakan literasi nasional dikutip dari lpmplampung.kemdikbud.go.id, mengelompokkan ada enam jenis literasi.

Enam literasi itu yakni literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan.

1. Literasi baca dan tulis

Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

2. Literasi numerasi

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved