Breaking News:

Berita Bisnis

PLN akan Terapkan Teknologi Zero Downtime di Pusat Kota Palembang

Untuk teknologi Zero Downtime ini memang sekarang baru diterapkan di kawasan JSC saja namun untuk di kota sudah menuju ke sana.

TRIBUN SUMSEL/MELISA WULANDARI
Di JSC telah diterapkan teknologi Zero Dowtime milik PLN merupakan teknologi unggulan yang tanpa gangguan, tanpa padam dan tanpa kedip sama sekali. 

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) melalui teknologi Zero Downtime-nya yakni teknologi listrik tanpa gangguan, tanpa padam dan tanpa kedip sama sekali akan diterapkan di pusat Kota Palembang.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui teknologi Zero Downtime-nya yakni teknologi listrik tanpa gangguan, tanpa padam dan tanpa kedip sama sekali akan diterapkan di pusat Kota Palembang.

Setelah sebelumnya berhasil diterapkan pada saat perhelatan Asian Games 2018 lalu di Jakabaring Sport City (JSC) yang memang dengan teknologi unggulan dari PLN ini listrik di JSC tanpa gangguan tanpa padam dan tanpa kedip sama sekali.

"Untuk teknologi Zero Downtime ini memang sekarang baru diterapkan di kawasan JSC saja namun untuk di kota sudah menuju ke sana. Kami (PLN) sudah bangun SKPM-nya atau sistemnya dan tidak hanya 1 pasokan saja, ini seperti jaring laba-laba kalau di luar kota masih belum ya," kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palembang, Nanang Prasetyo, Kamis (25/2/2021).

Nanang menjelaskan teknologi Zero Downtime ini ada karena PLN dalam tugasnya menerangi negeri untuk Indonesia maju, selalu memberikan yang terbaik untuk Indonesia apalagi perhelatan besar seperti Asian Games 2018 lalu.

"Sebelumnya Palembang terpilih menjadi salah satu lokasi untuk perhelatan Asian Games 2018. Pertanyaan mendasar untuk kesiapan listriknya bagaimana? terutama di lokasi penyelenggaraan. Kami berpikir agar tidak memalukan nama Indonesia apalagi Palembang di mata dunia," ujarnya.

Kemudian bagaimana agar listrik tidak padam tiba-tiba di lokasi wisata, lokasi tempat menginap para atlet dan wisatawan, lokasi kuliner yang berada di Palembang maka dari itu karena tuntutan tinggi tersebut karena ingin membawa nama Indonesia di mata internasional agar bisa bagus, diterapkanlah teknologi ini.

"Kami terapkanlah Zero Downtime ini di JSC sebagai pusat tempat penyelenggaraan. Zero Downtime, tanpa gangguan dan tanpa kedip sama sekali makanya kami desain di situ menggunakan berbagai teknologi mulai dari teknologi supply, bagaimana mengelola dari sisi kebangkitannya," jelasnya.

Baca juga: Setahun Terkumpul Dana Rp 2,43 Miliar, Ini Syarat Jadi Agen Perisai BPJS Naker dan Insentif Didapat

Baca juga: Harga Karet Hari Ini Jadi Rp 21.493 per Kg, Terdongkrak Kenaikan Harga Minyak Dunia

PLN juga menerapkan sistem ring yakni selain listrik dipasok dari pembangkit di Palembang, PLN juga datangkan pasokan dari arah Lahat- Bukit Asam kemudian masuk melalui simpang 3 dan masuk ke Palembang.

"Pasokan listrik dari Sungai Lilin masuk ke Betung kemudian masuk ke Palembang terus dari arah Gumawang-Lampung masuk ke Palembang jadi kebayang ini Palembang di dalamnya ada pembangkit dan ada banyak pasokan listriknya," kata Nanang saat dibincangi Tribun.

Halaman
12
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved