Breaking News:

Berita Pendidikan

MAN 3 Palembang Jadi Sekolah Satu-satunya Madrasah Berbasis Semi SMK

Ada lima keterampilan yang ada di MAN 3 Palembang ini yang dapat dipilih oleh siswa sesuai minat dan bakatnya.

TRIBUN SUMSEL/SRI HIDAYATUN
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang menjadi satu-satunya madrasah yang ada di Kota Palembang berbasis sekolah keterampilan atau semi SMK. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang menjadi satu-satunya madrasah yang ada di Kota Palembang berbasis sekolah keterampilan atau semi SMK.

Salah satu keterampilannya yakni tenun dan jumputan. Budaya lokal ini menjadi keahlian para siswa dalam mendalami ilmu keterampilan di MAN 3 Palembang.

Idawati, Guru Keterampilan Tata Busana mengatakan di MAN 3 Palembang banyak sekali hasil karya siswa yang sudah dihasilkan.

"Mulai dari songket, jumputan, tas rajut, baju tidur, sarung bantal dan lain sebagainya. Semua ini hasil karya para siswa yang ada," jelas dia, Kamis (25/2/2021).

Seperti saat ini, para siswa belajar membuat jumputan mulai dari proses penjahitan, dijumput, pencelupan hingga proses sampai menjadi bahan.

"Setelah itu maka dijahit oleh siswa menjadi baju seragam yang kita pakai oleh para guru disini," jelas dia.

Baca juga: Viral di Facebook, Warga Tangkap Ikan di Kubangan Lumpur di Jalan Karang Dapo Muratara, Ini Faktanya

Baca juga: Wawako Lubuklinggau H Sulaiman Kohar Pimpin Rakor Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegritas

Kepala MAN 3 Palembang, Komariah Hawa mengatakan ada lima keterampilan yang ada di MAN 3 Palembang ini yang dapat dipilih oleh siswa sesuai minat dan bakatnya.

Ada desain grafis, multimedia, teknik komputer jaringan, robotik dan tata busana. Dari kelima keterampilan ini siswa bisa memilih salah satu untuk didalami dan menjadi penialaian dalam muatan lokal.

"Hasil karya siswa ini seperti tata busana ini kita jadikan souvernir kepada para tamu yang datang. Dan juga kalau ada kegiatan expo kita juga turut sertakan," tegasnya.

Kata Komariah, pembelajaran keterampilan ini sangat penting bagi siswa karena setelah lulus mereka memilili skill untuk menjadi bekal mereka.

"Tata Busana menjadi salah satu keterampilan yang favorit palint banyak diminati para siswa. Kita juga menjadi satu-satunya Madrasah seperti semi SMK yang ada di Palembang yang ditunjuk langsung oleh pusat," jelasnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved