Breaking News:

Berita Palembang

Mengenal Nadina Salim, Desainer Kenalkan Sepatu dengan Bahan Dasar Kain Khas Palembang

Nadina Salim, Seorang Desainer Palembang memperkenalkan sepatu dengan bahan dasar kain khas Palembang yakni kain Jumputan, Songket dan Blongsong.

TRIBUNSUMSEL.COM/MELISA
Nadina Salim saat berada di tokonya di Jalan Kenten Permai II, Blok D1, No 3, desainer Palembang ini kenalkan sepatu berbahan kain Khas Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Nadina Salim, perempuan kelahiran Palembang keturunan Minang ini melihat peluang bisnis dari menjual sepatu dengan bahan dasar kain khas Palembang yakni kain Jumputan, Songket dan Blongsong.

Selain karena ingin mengenalkan kain khas Palembang ke masyarakat luas, menurut pengalaman pribadinya, Nadia kesulitan mencari sepatu dengan ukuran 41.

"Ukuran kaki saya ini 41, jarang banget bisa dapat sepatu atau sandal dengan ukuran 41. Karena hal ini ditambah saya juga punya background desain jadinya klop buka bisnis sepatu berbahan kain khas Palembang ini," jelasnya, Selasa (23/2/2021).

Sebelumnya perempuan lulusan S2 Magister Desain ini bercerita panjang lebar sebelum akhirnya memulai bisnis sepatu etniknya ini dari 2014-2015.

Diawali ketika lulus kuliah, Nadina mengajar desain di salah satu SMA di Jakarta dan pada saat sebelum lulus Nadina sempat bekerja dan magang di desainer Carmanita Jakarta. 

"Pas saya ambil magister di Bandung, suami sempat nanya apa tujuan dalam hati saya atau cita-cita yang belum tercapai, dia juga bilang jangan kerja sama orang terus tapi buka bisnis.

Kebetulan saya dikenali tetangganya suami di Muara Dua yang jual-jual sepatu terus kami dikenali dengan tukang sepatunya akhirnya desain sepatu dan bikin sendiri ini mulai dari 2014," jelasnya.

Saat menjalani kuliah S2, Nadina mengambil tesis mengenai kain songket Palembang kemudian dirinya juga mengeksplorasi tesisnya ini ke pembuatan sepatu karena selama ini dia pikir sudah banyak sekali desainer baju dan kain, tas juga beberapa.

"2015 ke Palembang, kami lihat dan pikir sepertonya sepatu dari kain Songket lebih mewah. Terus kami lihat kain Jumputan bagus, kemudian pada 2016 kami buat brand Mr Gee ternyata banyak yang suka, di brand ini kami menjual produk kasual seperti slip on dan sandal gunung," jelasnya. 

Nadina yang sudah membuka toko di Jalan Kenten Permai II, Blok D1, No 3 miliknya sendiri dengan brand Nadina Salim yang sudah didaftarkan di Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

"Jujur saya belajar desain sepatu dari tukang sepatu saya di Bandung, karena pembuatan sepatu, sandal, high heels, tas dan lainnya ini dibuat di Bandung saya hanya mengirim desain dan kainnya saja kemudian penjualannya di Palembang," katanya

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved