Breaking News:

Gubernur Sumsel Sudah Minta Ijin Kemendagri, Pelantikan 6 Bupati Langsung di Griya Agung

Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan Enam bupati terpilih akan dilantik bersamaan dan dilakukan secara langsung di Griya Agung pada 26 Februari 2021

TRIBUNSUMSEL.COM/RAHMAT
Gubernur Sumsel Herman Deru. Ia menegaskan Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan Enam bupati terpilih akan dilantik bersamaan dan dilakukan secara langsung di Griya Agung pada 26 Februari 2021. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ada tujuh Kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak 2020, yaitu OI, OKU Timur, Musi Rawas, OKU, OKU Selatan, Muratara dan Pali.

Dari tujuh Kabupaten tersebut enam  kabupaten bupati terpilihnya akan dilantik. Satu kabupaten yaitu Pali belum bisa dilantik lantaran masih proses Mahkamah Konstitusi (MK) dan akan diisi oleh Pj bupati.

"Enam bupati terpilih akan dilantik bersamaan dan dilakukan secara langsung di Griya Agung pada 26 Februari 2021," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (23/2/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa ia telah meminta izin ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan pelantikan secara langsung.

Karena acara pelantikan ini sangat sakral dan dikhawatirkan ada ganguan sinyal. 

Sebab kalau di lantiknya di daerah juga dikhawatirkan akan terjadi kerumunan masa yang tidak terkendali. Kalau dilakukan di sini bisa dikendalikan.

Namun pelantikan dilakukan  terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Penyelenggaraan pelantikan dengan membatasi jumlah tamu yang hadir bertujuan agar tidak ada kerumunan massa. 

Baca juga: Pelantikan Panca Wijaya Diundur, Sekda Ogan Ilir Jadi PLH Bupati, Rangkap Tiga Jabatan

Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tiap kabupaten pun diperkenankan menyaksikan pelantikan secara virtual. Masyarakat juga bisa menyaksikan secara virtual agar bisa disaksikan dirumah masing-masing.

"Untuk OKU karena wakilnya sedang dalam proses hukum akan tetap dilantik. Namun kemungkinan secara virtual. Untuk bupatinya tetap akan dilantik secara langsung," katanya.

Sedangkan untuk Pali, Pj akan dilantik di hari yang sama namun tidak bersamaan dengan bupati terpilih. Waktunya saja yang dibedakan tapi harinya sama. 

Adapun Pj bupati Pali yang ditunjuk oleh Gubernur Sumsel Herman Deru yaitu Rosidin Hasan. Ia merupakan Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved