Breaking News:

Nasib Penggarap Karet di Tengah Harga Tak Menentu, Hanya Minta Sebanding dengan Harga Beras

Hujan turun cukup lebat di wilayah Jukung Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau Sumsel,

EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMCEL.COM
Petani sadap karet di Lubuklinggau. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Hujan turun cukup lebat di wilayah Jukung Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau Sumsel, cuaca sangat mendung, Lastari tak berhenti menyadap karet.

Pakaianya kakek berusia 55 tahun ini
basah, untuk menghilangkan rasa dingin, rokok kretek tak lepas dari tangan kirinya, sesekali ia mengisapnya dalam-dalam.

Tangannnya terus bekerja dengan terampil menyadap batang karet. ia langsung berpindah -pindah dari satu batang ke batang yang lainnya.

Lastari terlihat tergesa-gesa, istrinya tak ikut karena cuaca kurang bersahabat, saat itu waktu menunjukkan hampir siang, ia pun harus cepat-cepat menyelesaikan pekerjaannya.

Lastari merupakan salah satu petani di kelurahan tersebut yang menjadi penggarap kebun karet orang lain, kebun karet yang digarapnya milik seorang pensiunan polisi di Kota Lubuklinggau.

"Saya ini hanya menggarap kebun karet, pemiliknya adalah pensiunan polisi. Sistemnya kita bagi hasil separuh-separuh," kata Lastari pada wartawan, Senin (22/2/2021)

Lastari bercerita menjadi penggarap kebun karet saat ini tidak terlalu diuntungkan apalagi saat ini harga karet tidak menentu cendrung naik turun atau tidak ada kepastian.

"Untungnya kalau harga mahal seperti dulu kita bisa terbantu, meski hanya sebagai penggarap kita lumayan bisa sekolahkan anak sampai selesai, ruginya kalau harga turun seperti sekarang untuk makan saja pas-pasan," ungkapnya.

Lastari menyebutkan saat ini harga karet ditingkat pengepul bervariasi, untuk harian saat ini dikisaran Rp 7.200 per kilogram, kemudian untuk mingguan atau karet kering dikisaran Rp 9,2 ribu per kilogram.

Halaman
12
Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved