Breaking News:

Jet Tempur Indonesia

Indonesia Beli 8 Jet Tempur F-15EX, Super Canggih dari F-15, Sama dengan Angkatan Udara Amerika

Indonesia segera memiliki sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern, termasuk jet tempur terbaru.

(TWITTER/@BoeingDefense)
Tangkapan layar unggahan jet tempur F-15EX. 

TRIBUNSUMSEL.COM--Indonesia segera memiliki sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern, termasuk jet tempur terbaru.

"Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fajar Prasetyo seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Adapun sejumlah alutsista yang segera mendarat di Indonesia di antaranya, pesawat tempur F-15EX buatan Boeing dan Dassault Rafale yang diproduksi Dassault Aviation Perancis.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency merujuk dokumen Rapim TNI 2021 beberapa waktu lalu, Indonesia rencananya akan memboyong 36 unit pesawat Rafale dan 8 unit pesawat F-15EX. Diharapkan, 6 unit F-15EX sudah tiba di Tanah Air sebelum 2022.

Sejarah Paskhas, Arti Nama, dan Berikut Kemampuan Khusus Pasukan Elite TNI AU Ini

Pesawat atau jet tempur F-15EX ini adalah buatan perusahaan penerbangan asal Amerika Serikat (AS), Boeing. Jet tempur Boeing ini berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya pada Selasa, 2 Februari 2021 lalu. Uji terbang itu berlangsung sekitar 90 menit dan pesawat berkinerja seperti yang diharapkan, kata Boeing dalam rilisnya.

"Penerbangan yang sukses hari ini membuktikan keamanan dan kesiapan jet untuk bergabung dengan armada tempur AS," kata Wakil Presiden Boeing, Prat Kumar dikutip dari Defense News.

Selain itu, jet tempur F-15EX ini juga disebut dapat menunjang modernisasi Angkatan Udara AS dengan menggabungkan sistem manajemen pertempuran, sensor canggih dan senjata yang di desain digital. Pasalnya, Boeing akan mengirimkan dua pesawat pertama F-15EX ke Angkatan Udara AS pada akhir Maret mendatang.

"F-15EX menyatukan manfaat rekayasa digital, sistem misi terbuka, dan pengembangan perangkat lunak tangkas agar tetap terjangkau dan dapat diupgrade selama beberapa dekade mendatang," ujar Prat Kumar.

Jet tempur ini terlihat menyerupai F-15 yang telah diterbangkan Angkatan Udara AS selama beberapa dekade lalu. Akan tetapi dalam banyak hal, ini adalah jet tempur yang lebih modern.

TNI Kembali Baku Tembak Dengan KKSB di Papua, 1 KKSB Tewas, Begini Kondisi Terkini di Papau

Boeing F-15EX ini memiliki sistem peperangan elektronik Eagle Passive/Active Warning dan Survivability System yang dibuat oleh BAE Systems untuk meningkatkan efektivitas misi dan kemampuan bertahan.

Halaman
12
Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved