Breaking News:

Arti Kata

Arti Kata CV (Curriculum Vitae) Lamaran Kerja, Sangat Penting Menentukan Nasib Pelamar

CV juga digunakan sebagai screening personalia atau Human Resource Departement (HRD) untuk mengetahui keunggulan pelamar kerja atau peserta magang

Tribun Sumsel
Arti dan Cara Membuat CV, Dokumen Krusial yang Menentukan Nasib Pelamar Kerja 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-CV (curriculum vitae) adalah dokumen penting yang wajib dan harus dibawa pelamar kerja, maupun peserta magang. CV mencerminkan identitas dan sebagian jati diri pelamar untuk bisa mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Selain itu, CV juga digunakan sebagai screening oleh personalia atau Human Resource Departement (HRD) untuk mengetahui keunggulan pelamar kerja atau peserta magang.

Lalu apa yang dimaksud dengan CV? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Arti Kata Kalimat Faafu anhum Potongan Surah Ali Imran 159, Ini Isi Kandungan Ayatnya

Arti CV

Dihimpun dari berbagai sumber, CV merupakan singkatan berbahasa Inggris, yakni Curriculum Vitae, atau lebih dikenal dengan Daftar Riwyat Hidup.

Daftar riwayat hidup atau CV merupakan dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja.

Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Dalam melamar pekerjaan, posisi CV sangatlah krusial karena melalui CV perusahaan mendapat kesan pertama mengenai pelamarnya.

Perlu diketahui, CV merupakan gambaran dari diri pembuatnya yang sesungguhnya, dengan memiliki Daftar Riwayat Hidup yang efektif semakin meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Baca juga: Arti Kata Kullu Nafsin ZaaIqatul-maut Ucapan Berduka Cita Selain Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun

Isi CV

Terdapat bagian-bagian penting dari CV yang tidak boleh ditinggalkan, namun pembuat CV bisa mencantumkan keterangan yang mendukung dari segi profesionalitas tanpa mengurangi isi dan maksud dari CV tersebut.

Untuk membuat Curriculum Vitae, saat ini telah banyak tersedia situs-situs online, maupun aplikasi Android dan App Store yang bisa membantu pelamar kerja membuat serta mempersiapkan Daftar Riwayat Hidup.

Baca juga: Cara Membuat CV Melalui Aplikasi Desain CV di Android, 5 Aplikasi ini Jadi Rekomendasi

Selain itu, anda juga bisa membuat Curriculum Vitae yang cukup menarik hanya dengan memakai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word.

Penulis: Novaldi Hibaturrahman
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved