Breaking News:

Berita Muaraenim

761 Pria di Muaraenim Melakukan Vasektomi

Hingga saat ini tercatat ada 761 pria yang ada di kabupaten Muaraenim telah mengikuti Medis Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi.

TRIBUNSUMSEL.COM/IKA
Kabid pengendalian keluarga berencana Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Muaraenim,Indaria. Ia menyampaikan sebanyak 761 pria yang ada di kabupaten Muaraenim telah mengikuti Medis Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi. 

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM- Hingga saat ini tercatat ada 761 pria yang ada di kabupaten Muaraenim telah mengikuti Medis Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Muaraenim, Rinaldo melalui Kabid pengendalian keluarga berencana,Indaria, Jumat (19/2/2021).

"Sejauh ini tercatat 761 orang yang sudah mengikuti MOP, dan terakhir kali kita mengadakan MOP itu tahun 2019 dengan peserta yang mendaftar sebanyak 10 orang,namun hanya 7 orang yang ikut, karena tiganya tidak memenuhi syarat untuk di lakukan MOP,"katanya.

Baca juga: 1 ASN Dinas PUPR Ditetapkan Tersangka oleh Kejari, Sekda Muaraenim Syok : Kasus Mana Lagi Ini

Dikatakannya untuk pelaksaan MOP yang digelar oleh pihaknya itu di berikan secara gratis kepada para peserta.

"Namun untuk tahun 2020 karena adanya pandemi, kita tidak melaksanakan MOP,karena seluruh anggaran di refokusing untuk penanganan Covid 19,namun ada 3 peserta yang melaksanakan MOP namun anggarannya berasal dari CSR PT Bukit Asam," katanya.

Ia juga mengatakan sebagian besar alasan masyarakat yang memilih melakukan MOB dikarenakan istrinya tidak bisa menggunakan alat kontrasepsi lainnya.

Baca juga: Kejari Muaraenim Tetapkan 1 ASN dan 2 Vendor sebagai Tersangka, Proyek Rehab Jalan Desa Harapan Jaya

"Jadi untuk mencegah terjadinya kehamilan maka si Ayahnyalah yang ber-KB,"katanya.

Ia juga mengatakan untuk melakukan MOB ini,peserta harus memenuhi persyaratan diantaranya umur diatas 35 tahun.

"Kemudian kondisi kesehatan harus benar-benar fit,harus sudah punya anak minimal 2 orang, umur anak bungsu 2.5 tahun, harus ada izin istri dan ada rekomendasi dari bidan desa,"jelasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved