Breaking News:

Mulai 1 Maret 2021, Bank Indonesia Keluarkan Kebijakan DP 0 Persen Untuk Kredit Kendaraan Bermotor

Sah! Bank Indonesia Sah! Mulai 1 Maret, Bank Indonesia Keluarkan Kebijakan DP 0 Persen Untuk Kredit Kendaraan Bermotor

Editor: Slamet Teguh
ISTIMEWA
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis produk skutik terbarunya yakni All New Honda PCX di Jakarta, Jumat (5/2/2021). (ILUSTRASI) 

TRIBUNSUMSEL.COM - Untuk meningkatkan pertumbuhan kredit di sektor otomotif.

Bank Indonesia mengeluarkan kabar gembira bagi masyarakat.

Lembaga tersebut membuat kebijakan baru ketentuan uang muka alias down payment (DP) 0% kredit kendaraan bermotor untuk semua jenis kendaraan bermotor baru.

Kebijakan ini akan mulai efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.

“Ini untuk mendorng pertumbuhan kredit di sektor otomotif. Namun, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (18/2/2021).

Kebijakan ini merupakan kebijakan sambutan dari stimulus fiskal yang digulirkan oleh pemerintah, yaitu insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Yang dimaksud dengan Kendaraan bermotor adalah kendaraan bermotor roda dua, kendaraan roda tiga atau lebih nonproduktif, dan kendaraan roda tiga atau lebih produktif.

Baca juga: Perkiraan Harga Mobil Baru Rush, Xpander, Terios, BRV dan Suzuki XL7 jika Bebas Pajak PPnBM 0 Persen

Baca juga: DAFTAR Jenis Mobil Baru yang Dikenai Pajak 0 Persen, Berlaku Mulai Maret 2021

Baca juga: Harga Mobil Avanza, Xenia, Livina, Xpander, Convero, Mobilio dan Ertiga Terbaru Usai Pajak 0 Persen

Baik yang berwawasan lingkungan maupun tidak berwawasan lingkungan.

Ketentuannya, untuk pembiayaan dari bank-bank dengan rasio kredit atau pembiayaan bermasalah (NPL) secara bruto dan rasio KKB/PKB di bawah 5%, maka semua jenis kendaraan tersebut bisa dengan DP 0%.

Namun, bila pembiayaan dari bank-bank dengan NPL bruto maupun rasio KKB/PKB neto lebih dari 5%, maka untuk kendaraan roda dua baik yang berwawasan lingkungan maupun tidak serta roda tiga atau lebih nonproduktif baik yang berwawasan lingkungan atau tidak, ketentuan DP sebesar 10%.

Dan untuk roda tiga atau lebih produktif baik itu yang berwawasan lingkungan maupun tidak, ditetapkan ketentuan DP sebesar 5%.

Perry menambahkan, setelah masa berlaku kebijakan ini habis, maka pada akhir tahun ini akan dilakukan evaluasi untuk menentukan akan diperpanjang atau tidaknya kebijakan ini.

“Tapi diharapkan, evaluasi di akhir tahun nanti menunjukkan adanya peningkatan tingkat penyaluran kredit yang tentu saja untuk mendorong pemulihan ekonomi,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Yes! Mulai 1 Maret, DP 0 Persen Untuk Kredit Kendaraan Bermotor.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved