Breaking News:

Silaturahim dengan PWI, Polres Ogan Ilir dan Media Komitmen Tingkatkan Sinergitas

Dalam rangka meningkatkan kerjasama membangun kemaslahatan masyarakat sesuai kemampuan dan kapasitas masing-masing

AGUNG DWIPAYANA/TRIBUNSUMSEL.COM
Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy berfoto bersama PWI Ogan Ilir diketuai Yasandi usai silaturahim dan diskusi bersama awak media. 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Dalam rangka meningkatkan kerjasama membangun kemaslahatan masyarakat sesuai kemampuan dan kapasitas masing-masing, Polres Ogan Ilir menjalin silaturahim dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir.

Awalnya, rencana silaturahim dalam bentuk audiensi ini dijadwalkan pekan lalu atau bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) ke-36 tanggal 9 Februari 2021.

Namun karena suatu hal, kegiatan ini baru terlaksana hari ini.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy mengatakan, pihaknya sangat terbuka dengan kegiatan silaturahim semacam ini termasuk dengan awak media.

"Polri dan media itu saling keterikatan dan harus bersinergi dalam membangun daerah," kata Yusantiyo didampingi Kaur Humas, Iptu Sutopo di Mapolres Ogan Ilir, Indralaya, Selasa (16/2/2021).

Sinergi Polri dan media yang dimaksud Yusantiyo diantaranya mengenai kontrol sosial dan peran media dalam mengedukasi masyarakat lewat pemberitaan.

Selain penangan kasus kejahatan konvensional, Polri juga masuk dalam jajaran Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

"Oleh karenanya, segala informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, tentunya rekan-rekan media punya peran besar untuk mencerahkan," ujar Yusantiyo.

Salah satu contoh spesifik adalah sosialiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) agar masyarakat semakin paham.

"Prokes itu seperti apa, lalu begitu pentingnya prokes untuk memutus rantai Covid-19. Ini peran kita bersama," tegas pria yang pernah menjabat Kasatlantas Polrestabes Palembang ini.

Kemudian juga yang menjadi pembahasan adalah bagaimana media massa harus mampu menjadi tolok ukur dan panduan jelas di saat ada informasi hoaks yang tak jelas sumbernya.

Ketua PWI Ogan Ilir, Yasandi menegaskan, media siap menjadi mitra Polri dalam hal terutama yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi aparat penegak hukum.

"Kami datang ke Mapolres Ogan ini dalam rangka menjalin silaturahim dan menyatakan kami selalu siap menjadi mitra Polri," tegas Yasandi.

Ia melanjutkan, peningkatan sinergitas antara Polri dan media juga perlu ditingkatkan dimulai dengan jalinan komunikasi yang baik.

"Tentunya komunikasi, koordinasi, interaksi, diskusi dan sebagainya. Ini yang perlu kita tingkatkan," kata Yasandi.

Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved