Breaking News:

Masa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020 Tak Sampai 4 Tahun

ada tujuh Kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak 2020, yaitu OI, OKU Timur, Musi Rawas, OKU, OKU Selatan, Muratara dan Pali.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Prawira Maulana
SRIPO/JATI PURWANTI
Gubernur Sumsel H Herman Deru. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ada tujuh Kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak 2020, yaitu OI, OKU Timur, Musi Rawas, OKU, OKU Selatan, Muratara dan Pali.

Namun, para Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada 2020 sepertinya harus bersabar. Lantaran hingga kini belum ada kepastian apakah akan dilantik pada 17 Februari atau diundur.

"Harusnya tepat waktu, kan sudah sepakat di parlemen kecuali yang bermasalah di MK. Kita sudah mengusulkan, jadi kita tunggu saja," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Jumat (12/1/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, semakin lambat maka semakin pendek masa jabatan kepala daerah. Karena ada patokan peserta Pilkada serentak 2020 ini sampai dilantiknya pilkada 2024. 

"Jadi kalau semakin lama dilantik maka semakin pendek masa jabatannya. Kalau dilantiknya ontime  saja, di 17 Februari masa jabatannya hanya 3 tahun 8 bulanan, tak sampai 4 tahun," katanya.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sumsel Sri Sulastri menambahkan, Pemprov Sumsel sudah mengajukan ke pemerintah pusat.

"Saat ini masih menunggu dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pada intinya 
kalau tidak jadi pelantikan pada tanggal 17 Februari, maka Gubernur akan menunjuk Sekda Kabupaten/Kota sebagi Plh Bupati," katanya 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved