Breaking News:

Berita Video Terbaru

Video WhatsApp Mod atau WA GB Ramai Diperbincangkan, Ketahui Dampak Penggunaannya!

Sebuah twit berisi informasi mengenai WhatsApp vers mod atau disebut " WA GB" viral di media sosial pada Senin (1/2/2021). Disebutkan, aplikasi WhatsA

TRIBUNSUMSEL.COM - Sebuah twit berisi informasi mengenai WhatsApp vers mod atau disebut " WA GB" viral di media sosial pada Senin (1/2/2021). Disebutkan, aplikasi WhatsApp mod cenderung mengganggu privasi antar pengguna WhatsApp lain. Awalnya, kabar soal WhatsApp mod yang meresahkan ini diunggah oleh akun base Twitter @subtanyarl.

Kemudian, unggahan itu dikomentari oleh warganet yang merasa privasinya terganggu ketika berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp mod.

Lantas, apa itu WhatsApp mod dan apakah ada dampak yang terjadi ketika memakainya? Security Digital Trainer Yerry Niko Borang mengatakan, WhatsApp mod atau WA GB merupakan aplikasi di luar aplikasi resmi yang menawarkan fitur-fitur tambahan, dan dapat digunakan.

Ia menambahkan, aplikasi WhatsApp mod ini tidak diperoleh berdasarkan unduhan yang ada di PlayStore, layaknya pengunduhan aplikasi secara resmi pada umumnya.

Yerry menjelaskan, sejauh ini perbedaan WhatsApp mod dan WhatsApp resmi hanya pada fitur tambahan saja. Terkait keamanan, tentunya WhatsApp mod menjadi perhatian. Sebab, karena aplikasi ini tidak resmi, maka jika terjadi suatu hal yang tidak diharapkan, pihak WhatsApp tidak bisa melindungi atau bertanggungjawab.

Selain itu, dengan memakai WhatsApp mod, artinya si pengguna telah memberi hak akses eksklusif kepada aplikasi tersebut layaknya menyerahkan diri. Akibatnya, data password, nomor, dan semua data unik di WhatsApp telah diserahkan oleh pengguna.

Menurut Yerry, umumnya tindakan ini dilakukan dalam perjanjian penggunaan yang berbahasa Inggris dan jalan sekali baca End User Aggreement (EUA).

Sementara itu, Yerry mengatakan bahwa ada masyarakat yang ingin menggunakan WhatsApp mod cenderung berpikir "ah saya kan tidak punya data rahasia". Namun, data mining ini lebih banyak bersifat global, anonim.

Ia menjelaskan, oknum WhatsApp mod mencari data ini dari adanya kecenderungan jutaan orang. Tetapi, tentu saja data unik per pribadi juga disedot dan kita tidak tahu akan terjadi informasi-informasi seperti ini.

Editor: Euis Ratna Sari
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved