Breaking News:

Berita Muratara

Sidang Lanjutan Pilkada Muratara di MK, KPU Sebut Permohonan Syarif-Surian Tak Jelas

MK menggelar sidang lanjutan permohonan perselisihan hasil Pilkada Muratara. Sidang beragenda mendengarkan keterangan KPU dan Bawaslu, Senin (1/2/2021

TRIBUNSUMSEL.COM/RAHMAT
Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan permohonan perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2020.  Sidang kedua ini dengan agenda mendengar keterangan KPU, Bawaslu dan pihak terkait di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (1/2/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan permohonan perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2020. 

Sidang kedua ini dengan agenda mendengar keterangan KPU, Bawaslu dan pihak terkait di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Sidang yang dilakukan secara luring (manual) dan daring (online) ini dipimpin Hakim Konstitusi Aswanto, Suhartoyo dan Daniel Yusmic Pancastaki Foekh.

Sidang disiarkan secara langsung melalui channel youtube Mahkamah Konsitusi RI dengan judul Panel 2 MKRI, Sidang Perkara No. 16, 03/PHP.BUP-XIX/2021, Senin 1 Februari 2021.

Pantauan Tribunsumsel.com, sidang kedua ini berlangsung selama 36 menit dimulai pada pukul 17.01 WIB sampai dengan pukul 17.37 WIB.

KPU Kabupaten Muratara selaku termohon menyampaikan jawaban terhadap perkara yang diajukan pasangan calon Syarif Hidayat dan Surian Sofyan. 

KPU Muratara menyatakan Mahkamah Konstitusi tidak berwenang memeriksa, mengadili dan memutuskan perkara tersebut dikarenakan beberapa hal.

Pertama, berdasarkan hasil penghitungan suara sah akhir yang telah diputuskan KPU Muratara adalah sebesar 113.087 suara. 

Menurut termohon, nilai ambang batas perselisihan perolehan suara yang dapat diajukan ke Mahkahmah Konstitusi yaitu sebesar 2% dari total suara sah.

"Dua persen dari total suara sah tersebut adalah 2.262 suara, sedangkan selisih suara antara paslon nomor urut satu dan tiga sebesar 8.983 suara." 

Halaman
12
Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved