Breaking News:

Tips dan Trik

Jangan Asal Terobos, Ini Cara dan Etika Mengemudikan Mobil saat Melintas di Genangan Air

Oleh sebab itu, selain memastikan keselamatan diri sendiri, penting juga untuk memperhatikan adab saat melewati genangan air

Tribun Sumsel/ Euis Ratna Sari
Ilustrasi genangan air setelah hujan reda. Selain memastikan keselamatan diri sendiri, penting juga untuk memperhatikan adab saat melewati genangan air. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pengendara motor, pejalan kaki, dan warga yang berada di pinggir jalan kerap kesal dengan ulah pengendara mobil yang asal terobos genangan air.

Genangan air bisa saja menciprat mengenai mereka.

Bahkan baru-baru ini viral ulah sejumlah remaja yang dengan sengaja menerjang genangan hingga membuat orang disampingnya kebasahan.

Oleh sebab itu, selain memastikan keselamatan diri sendiri, penting juga untuk memperhatikan adab saat melewati genangan air.

Menanggapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, selain kemampuan yang mumpuni, berkendara juga butuh etika.

“Perilaku pada video tersebut jelas tidak baik karena ada yang dirugikan. Hal ini banyak terjadi, ada yang sengaja maupun tidak sengaja,” ujar Sony, kepada Kompas.com (31/1/2021).

“Pengendara yang sengaja melakukan hal ini tipe pengemudi yang bersenang-senang di atas penderitaan orang lain, ini yang dbilang pengemudi agresif,” katanya.

Oleh sebab itu, Sony menyarankan kepada pengguna jalan untuk hati-hati dan melambatkan laju kendaraannya saat melewati genangan air.

“Pada kondisi hujan, cipratan akibat kendaraan menerobos genangan air pasti sering. Jadi butuh kontrol kecepatan dan perhatikan kondisi di depan, jangan asal injak pedal gas,” ucap Sony.

“Saat mata menangkap adanya genangan air segera melambat, cukup injak rem tidak perlu hazzard. Keuntungannya selain cipratan tidak mengganggu orang lain, juga terhindar dari aquaplaning,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Mobil Sengaja Terjang Genangan Air, Begini Etika Melewatinya"

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved