Breaking News:

PTBA Bangun Bronjong, Warga Tanjung Agung Tak Lagi Takut Terjadi Longsor

Kekhawatiran warga Desa Tanjung Agung terjadi longsor di tepi sungai Enim sirna. Kini telah ada beronjong dari CSR PT Bukit Asam yang telah dibangun.

TRIBUNSUMSEL.COM/IKA ANGGRAENI
Tampak anak-anak desa Tanjung Agung melompat mandi kesungai di lokasi pembangunan beronjong yang dibangun oleh CSR PT Bukit Asam 

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM- Kekhawatiran masyarakat Desa Tanjung Agung akan terjadinya longsor di tepi sungai Enim di desa tersebut kini sirna sudah,

Pasalnya bantuan pembangunan beronjong dari CSR PT Bukit Asam menepis kekhawatiran dan keresahan masyarakat akan terjadinya longsor kembali,Jumat,(29/1/2021)

Seperti yang dikatakan oleh Alkomar (40) salah satu warga setempat yang sehari-hari selalu memanfaatkan sungai enim untuk keperluan MCK mereka.

" Biasanya kami selalu mandi di sungai enim, namun karena kerap terjadi longsor kami menjadi takut, dan tidak berani lagi mandi ditepi sungai,khawatir jika sewaktu-waktu terjadi longsor,"katanya.

Tapi lanjutnya,karena sangat membutuhkan air,masih ada saja warga yang nekat dan masih berani mengambil air.

" Kalau saya tidak berani,dikarenakan tepian sungai enim tidak kuat lagi menahan beban apabila warga berkumpul yang bisa menyebabkan terbis. Selain itu, tidak adanya penyanggah dibantaran sungai mengakibatkan sering longsor.

Dan longsor ini, bukan saja mengancam warga yang sedang menggunakan air sungai tapi juga bisa berakibat jalan amblas sehingga bisa memutus jalan penghubung dua desa antara Desa Tanjung Agung dan Desa Muara Emil,"ungkapnya.

Namun lanjutnya, setelah adanya beronjong bantuan PTBA pada Tahun 2020 tersebut kini warga disekitar sungai enim tak perlu takut lagi untuk beraktivitas memanfaatkan sungai enim.

" Kami tidak khawatir lagi dengan ancaman longsor yang selalu menakuti kami, dan wargapun kembali bisa memanfaatkan air sungai untuk kerperluan sehari - hari,

Ibu-ibu dapat mencuci dengan aman dan nyaman, anak- anak bahkan senang sekali, selain bisa mandi, loncat-loncat dari atas beronjong, dan beronjong ini bisa menjadi area bermain mereka bersama teman teman sebanya merek,"jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved