Breaking News:

PT Sriwijaya Agro Industri dan UPT BPPSDMP Kementan Kolaborasi Bisnis Pertanian

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian

ISTIMEWA
Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yaitu SMK PP Negeri Sembawa melakukan pertemuan awal dengan PT Sriwijaya Agro Industri untuk merencanakan kerjasama yang berfokus pada bisnis pertain bertempat di SMK PP Negeri Sembawa (18/1/2021). 

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yaitu SMK PP Negeri Sembawa melakukan pertemuan awal dengan PT Sriwijaya Agro Industri untuk merencanakan kerjasama yang berfokus pada bisnis pertain bertempat di SMK PP Negeri Sembawa (18/1/2021).

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir. Mattobi’i, MP dalam sambutan awalnya menjelaskan bahwa SMK PP Negeri Sembawa merupakan lembaga pendidikan menengah vokasi BPPSDMP Kementerian Pertanian yang terletak di Sumatera Selatan, selain di Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Timur. SMK PP Negeri Sembawa memiliki empat program keahlian diantaranya Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (ATPH), Agribisnis Ternak Unggas (ATU) dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).

Lebih lanjut Mattobi’i menjelaskan selain menjalankan tupoksi sebagai lembaga pendidikan atau sekolah sebagai sumber belajar pertanian, SMK PP Negeri Sembawa juga mendukung penuh program Kementerian Pertanian seperti pendampingan kostratani, kostratani merupakan pemberdayaan BPP sebagai pusat data dan informasi pertanian yang didorong untuk mewujudkan satu data pertanian demi terwujudkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan.

Direktur PT Sriwijaya Agro Industri (PT SAI) Arkoni, SH yang juga merupakan staff khusus gubernur Sumatera Selatan bidang pertanian dan Perkebunan mengutarakan bahwa PT SAI merupakan BUMD milik provinsi Sumatera Selatan yang fokus pada pengembangan ketahanan pangan masyarakat Sumatera Selatan.

Kegiatan yang dimulai dengan Focus group discussion (FGD) tentang rencana kegiatan dilanjutkan dengan meninjau kebun serai wangi dan laboratorium penyulingan minyak serai wangi, instalasi ayam petelur, instalasi burung puyuh, instalasi ternak sapi.

Arkoni merasa antusias melihat potensi yang ada di SMK PP Negeri Sembawa, “Saya antusias sekali dengan potensi 97 hektar yang ada disini, kedepan kita bisa bekerjasama untuk mengembangkan bagaimana pertanian bisa menjadi bisnis untuk mendukung program Gubernur Sumatera Selatan untuk ketahanan pangan”

Hasil kesepakatan PT SAI dan SMK PP Negeri Sembawa dalam waktu dekat akan menjalin kerjasama dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan (entrepreneuship) bagi siswa/siswi SMK Negeri Pembangunan Pertanian Sembawa, menumbuhkembangkan unit-unit usaha agribisnis berskala ekonomis dan berkelanjutan sesuai dengan potensi di SMK Negeri Pembangunan Pertanian Sembawa antara lain adalah budidaya dan penyulingan sereh wangi; ternak ayam petelur dan ayam potong; ternak burung puyuh, serta ternak sapi.

Dilanjutkan dengan bersama-sama dapat bekerjasama dengan pola Joint Operation dalam pengembangan usaha yang membutuhkan Investasi bekerjasama dengan Investor dan memfasilitasi Pelatihan Entrepreneuship baik hard skill dan soft skill dalam rangka menumbuh kembangkan kewirausahaan bagi siswa/siswi yang mana pada akhirnya dapat melahirkan pelaku usaha dan petani milenial.

Kegiatan yang dilakukan antara PT SAI dan SMK PP Negeri Sembawa ini mendukung program Kementerian Pertanian dalam bidang Ketahanan Pangan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk menjaga ketahanan pangan yang sepaket dengan komitmen Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) yang menyampaikan pentingnya pembangunan SDM untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved