Breaking News:

Penanaman Perdana Benih VUB Sorgum Baristan di Desa Gelebak Dalam, Rambutan Banyuasin

penanaman perdana benih Varietas Unggul Baru (VUB) Sorgum Baristan yang dilaksanakan di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin

SMK PP Negeri Sembawa
Kegiatan Penanaman perdana benih Varietas Unggul Baru (VUB) Sorgum Baristan yang dilaksanakan di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (7/1/2021 

BANYUASIN- Dalam rangka memperkenalkan tanaman sorgum ke masyarakat maka lembaga ICD (Indonesia Cerdas Desa) yang bergerak mendampingi masyarakat pedesaan di wilayah Sumatera Selatan.

ICD menggagas kegiatan ini untuk mendukung Sumatera Selatan sebagai salah satu sentra sorgum di Indonesia, dengan tema “Melalui Semangat Pemberdayaan Pertanian, Sorgum Menjadikan Kekuatan Ekonomi menuju Kedaulatan Pangan dan Energi Nasional”.

Kegiatan yang dilakukan adalah penanaman perdana benih Varietas Unggul Baru (VUB) Sorgum Baristan yang dilaksanakan di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Bapak Gubernur Sumatera Selatan (diwakili Plh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan), Bupati Banyuasin (diwakili oleh kepala dinas tanaman pangan dan hortikultura), BPTP Sumsel, Baristan Pusat, Kepala SMK PP Negeri Sembawa, BPSB Sumsel,

Pihak BRAUD sebagai penyulai pupuk untuk sorgum, serta pejabat setempat dan pihak BPP Rambutan dan Gapoktan sebagai pelaksana.

Sorgum merupakan makanan pokok ke-5 dan termasuk tanaman pangan, family rumput-rumputan yang mempunyai kandungan patih 80%, 6,5-7% serat, protein 10%.

Banyak manfaat pada tanaman sorgum antara lain mengontrol gula dan hipertensi. Selain sebagai sumber pangan, biji sorgum juga mengandung etanol yang bisa imanfaatkan untuk energi.

Kegiatan Penanaman perdana benih Varietas Unggul Baru (VUB) Sorgum Baristan yang dilaksanakan di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis  (7/1/2021
Kegiatan Penanaman perdana benih Varietas Unggul Baru (VUB) Sorgum Baristan yang dilaksanakan di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (7/1/2021 (SMK PP Negeri Sembawa)

Desa Gelebak Dalam merupakan desa binaan dari BPP Rambutan, BPP Rambutan yang merupakan BPP Model Kostratani kerjasama SMK PP Negeri Sembawa Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Kementerian Pertanian dengan salah satu program kerjanya yaitu Kostratani.

Kostratani adalah gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan dengan mengoptimalkan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menginginkan Kostratani lebih cepat menggerakkan pembangunan pertanian pedesaan menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

Hal ini senada dengan keyakinan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi yang meyakini jika kekuatan utama pertanian Indonesia berada di pundak petani dan penyuluh. Oleh karenanya, perlu program penguatan SDM pertanian Indonesia, utamanya petani dan penyuluh.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved