Breaking News:

Petani Karet di Lahat Kini Tersenyum, Harga Karet Terus Naik Bikin Hilang Sakit Kepala

Mulai naiknya harga getah karet membuat petani karet di Kabupaten Lahat, tersenyum.

Editor: Prawira Maulana
EHDI AMIN/SRIWIJAYA POST
Gilang Relawan petani karet asal Manggul Lahat. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Mulai naiknya harga getah karet membuat petani karet di Kabupaten Lahat, tersenyum.

Harga karet yang selama ini anjlok membuat petani lesu. Bahkan tak sedikit petani memilih tidak menyadap lantaran hasil yang didapat tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

"Sebelum tahun 2021 'Sakit kepala' petani karet akibat harga yang sangat murah. Saat harga karet berangsur membaik dan sakit kepala mulai membaik," canda Gilang Relawan, Petani Karet di Desa Manggul, Lahat, saat dibincangi di kebum karet miliknya, Sabtu (9/1/2021).

Diungkapkapkan Gilang, sebelumnya harga karet hanya berkisar di Rp5 ribu, saat ini harganya Rp8 hingga Rp10 ribu tergantung dengan kualitas karet yang dihasilkan.

"Kalau sebelum naik pusing kita petani. Belum lagi adanya virus corona. Bahkan, banyak petani kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tentu harapan kita harga bisa naik lagi dan stabil sehingga petani tidak alami kesulitan ekonomi," harapnya.

Parman, petani karet Lahat lainya turut bersyukur atas kenaikkan harga karet ini. Meski demikian, saat ini petani juga terkendala cuaca hujan yang terus mengguyur.

"Alhamdulillah harga naik. Tapi petani terkendala cuaca. Jika dipaksakan menyadap musim hujan bisa merusak pohon karet. Resikonya cukup tinggi," sampainya.

Harga karet di Sumatera Selatan (Sumsel) masih fluktuatif, kalau sebelumnya sempat turun kini kembali naik.

Harga karet untuk kadar karet kering (KKK) 100 persen hingga 40 persen hari ini mengalami kenaikan.

"Harga karet hari ini naik Rp 622 per kg, dibandingkan indikasi karet hari Kamis 7 Januari 2021 untuk KKK 100 persen," kata Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Rudi Arpian MSi, Jumat (8/1/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved