Breaking News:

Berita Palembang

Terinpirasi Kain Khas Palembang, Pengusaha Ini Buat Pempek Warna Jumputan, Kuliner Anti Mainstream

Bosan dengan menu yang mainstream, Faila Ulfa pemilik @dapurpinitii (Instagram) mengkreasikan pempek ikan biasa menjadi pempek warna warni.

Penulis: Melisa Wulandari | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/MELISA WULANDARI
Bosan dengan menu yang mainstream, Faila Ulfa pemilik @dapurpinitii (Instagram) mengkreasikan pempek ikan biasa menjadi pempek warna warni yang diberi nama pempek warna Jumputan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bosan dengan menu yang mainstream, Faila Ulfa pemilik @dapurpinitii (Instagram) mengkreasikan pempek ikan biasa menjadi pempek warna warni yang diberi nama pempek warna Jumputan.

Ia terinspirasi dari motif dan warna dari kain khas Palembang yakni kain Jumputan.

Bentuk pempek seperti pempek pada umumnya ada pempek kecil yang terdiri dari pempek keriting, lenjer kecil, telur kecil dan lenjer besar yang membuat unik adalah warnanya.

Ada warna hijau dari pakcoy, ungu dari kubis ungu, orange dari wortel dan merah dari buah naga, ke semua bahan ini diblender diberi air putih.

Air dari hasil blender ini menjadi bahan campuran pembuatan pempek warna Jumputan yang merupakan ide uniknya.

"Pembuatan pempek ini seperti pembuatan pempek biasa pada umumnya, tepung tapioka (sagu), garam, penyedap rasa, bawang putih, kemudian dicampur dengan pewarna alami tadi, " jelasnya, Jumat (8/1/2021).

Pempek warna Jumputan buatan Faila ini ia jual ke berbagai kota tak hanya Palembang, yakni Banjarmasin, Depok dan lainnya.

"Pempek warna Jumputan ini saya jual Rp 3500 untuk pempek kecil dan Rp 30 ribu untuk 1 pempek Lenjer besar," ujarnya. 

Ikuti Kami di Google

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved