Berita Palembang

Digadang- Gadang Jadi Ketua DPW PAN Sumsel, Joncik Muhammad: Ketua Harus Maju Pilgub

Joncik mengatakan, Ketua DPW PAN Sumsel ke depan harus meningkatkan perolehan kursi di DPRD baik kabupaten/kota dan juga Provinsi serta DPR RI.

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Ketua DPD PAN Empatlawang, Joncik Muhammad menyatakan siapa pun yang menjadi Ketua DPW PAN Sumsel harus siap nyalon Cagub. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Majelis Pertimbangan DPW PAN Sumsel yang juga Ketua DPD PAN Empat Lawang, Joncik Muhammad berharap siapapun ketua DPW PAN Sumsel yang terpilih pada musyawarah wilayah (Muswil) V PAN Sumsel yang berlangsung di Hotel Arista Palembang, selain dapat membesarkan PAN, juga harus siap maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wagub Sumsel ke depan.

Hal ini disampaikan Joncik, yang juga calon anggota formatur DPW PAN, di Palembang, Kamis (31/12/2020).

Joncik mengatakan, Ketua DPW PAN Sumsel ke depan harus meningkatkan perolehan kursi di DPRD baik kabupaten/kota dan juga Provinsi serta DPR RI.

Saat ini, kata Joncik di DPRD Sumsel PAN hanya berhasil memperoleh 5 kursi. Sedangkan di DPRD Kabupaten/Kota se Sumsel hanya 62 kursi, sementara untuk DPR RI partai berlambang matahari terbit ini hanya 2 kursi.

"Kalau hanya tetap seperti itu kursi yang didapat, termasuk kategori merugi. Jadi harus ada peningkatan, untuk DPRD Sumsel harusnya tiap dapil satu kursi, jadi dari 10 dapil harusnya 10 kursi," katanya.

Joncik yang juga Bupati Empat Lawang ini mengatakan, sosok yang digadang- gadangkan jadi Ketua DPW PAN Sumsel ke depan bersama Iskandar (petahana).

Ketua terpilih pada Muswil PAN Sumsel, harus siap dan berani mencalonkan diri sebagai gubernur atau wakil gubernur.

"Pilgub (pemilihan gubernur) PAN harus usung kader. Berpolitik itu untuk mencari kekuasaan, kekuasaan dimanfaatkan untuk mensejahterakan rakyat banyak. Kalau tidak siap Nyagub (nyalon gubernur) jangan jadi Ketua DPW," tegas Joncik.

Disinggung adanya dua kubu pada Muswil PAN Sumsel, Joncik menganggap hal biasa dalam berpartai. Hal itu kata dia, bagian dari proses.

"Biasa itu blok-blokan, ada blok Umar Halim ada blok Iskandar, itukan hanya proses. Tapi setelah itu bicara kepentingan partai, bagaimana cara membesarkan PAN," tukasnya.

Nama Joncik sendiri termasuk dalam bursa Calon Ketua DPW PAN Sumsel, Joncik mengaku siap jika diberi amanah untuk memegang jabatan ketua DPW PAN.

"Kalau diberi amanah, saya siap. Termasuk juga kalau hanya dipercaya sebagai pengurus atau diberi jabatan lain, saya siap," tukasnya.

Sementara Ketua Steering Committee (SC) Muswil V DPW PAN Sumsel, Abdul Aziz Kamis menerangkan, setelah panitia membuka pendaftaran bagi kader PAN yang ingin jadi calon formatur, yang sebelumnya telah dilakukan dan terdapat 8 nama yang sudah mendaftar. Kini ada tambahan 9 nama yang mendaftar ke panitia, sehingga total ada 17 nama calon.

"Hasil penjaringan calom formatur tahap kedua terdapat 9 nama yang mendaftar, jadi ada 17 nama," kata Abdul Aziz.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved