Breaking News:

Super App Gojek, Mudahkan Segala Urusan Akademis Dosen dan Mahasiswa Di Masa Pandemi

Gojek super app terbesar di Asia Tenggara memiliki lebih dari 20 layanan di dalam satu aplikasi digital untuk memberikan kemudahan masyarakat

TRIBUN SUMSEL/MELISA WULANDARI
Super App Gojek, memudahkan segala urusan akademis dosen dan mahasiswa di masa pandemi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gojek super app terbesar di Asia Tenggara memiliki lebih dari 20 layanan di dalam satu aplikasi digital untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengatasi friksi sehari-hari.

Urusan bepergian, pesan antar makanan, berbelanja, mengirim barang, melakukan pembayaran dan bahkan hiburan, semua kini bisa dilakukan hanya dalam satu ketukan jari di layar telepon seluler dalam genggaman.

Super app ini, memudahkan semua orang untuk menyelesaikan banyak hal. Seperti yang dialami oleh Yuliani, tenaga pengajar atau Dosen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang ini mengaku sangat sering menggunakan layanan di super app Gojek, bahkan di jam-jam yang tidak biasa.

“Mulai dari GoFood dan GoSend ini yang paling sering saya manfaatkan atau saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Buat saya, GoFood ini yang paling favorit, pernah jam 2 pagi saya lapar dan membuka aplikasi Gojek, eh ternyata orderan saya diambil sama drivernya,” kata ibu satu orang anak ini.

Ia pun tak menyangka mitra driver Gojek menerima orderannya pada saat pukul 02.00 pagi. Apalagi ia tinggal di kawasan OPI Jakabaring yang terbilang rawan.

“Jadi gak perlu merasa khawatir lagi kalau lapar tengah malam, karena driver Gojek yang siap tanggap dengan kondisi perut kita. Kalau lapar tidak pake mikir lagi. Dan senangnya lagi, GoFood ini kalau kasih voucher nggak nanggung-nanggung bikin enak pokoknya,” ujarnya.

Tak hanya memanfaatkan layanan GoFood, Yuli sapaan akrabnya ini juga sering memanfaatkan layanan GoSend untuk mengambil barang dan bahkan membantu tugasnya sebagai pengajar untuk menerima tugas dari para mahasiswa. “Nah kalau GoSend ini sangat bermanfaat sekali, apalagi kalau saya ketinggalan berkas di rumah. Ya pakai layanan ini. Terus di masa pandemi seperti ini, saya minta mahasiswa saya kirim berkas tugas lewat GoSend. Ini kalau berkasnya gak dikirim lewat email ya jadi ya pakai layanan GoSend,” jelasnya.

Manfaat super app Gojek ini juga dirasakan oleh para mahasiswa di Palembang.
Seperti yang dirasakan oleh Dian Novitasari, mahasiswi Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang. Dian mengatakan, super app Gojek merupakan aplikasi jasa transportasi berbasis online ini yang menjadi favoritnya. “Saya sering sekali menggunakan aplikasi ini. Hampir setiap bepergian selalu pakai GoRide maupun GoCar, karena aplikasi ini dapat diandalkan. Dan drivernya juga membuat saya sebagai penumpang nyaman dan merasa aman,” jelasnya.

Selama ia menggunakan aplikasi ini drivernya pun ramah, tidak ada yang ugal-ugalan saat mengendarai motor ataupun mobil. “Alhamdulillahnya, selain itu aplikasi GoJek juga sangat membantu karena ada layanan GoFood yang bisa kapan saja mengantar pesanan makanan kita dan GoFood juga gak tanggung kasih voucher-voucher yang bisa digunakan di setiap pemesanan atau order makanan,” katanya.

Sementara itu, tanpa sadar, dengan memesan makanan atau minuman melalui GoFood, pengguna super app GoJek telah memberikan dampak sosial. Dalam laporan yang yang diterbitkan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berjudul Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Palembang Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19, dampak ekonomi Gojek terhadap PDB kota Palembang di tahun 2019 adalah 4,6 triliun rupiah atau sekitar 3% dari total PDB kota Palembang.

Melalui layanan GoFood sendiri, dari laporan yang sama, Gojek berkontribusi senilai 1,2 triliun rupiah terhadap PDB kota Palembang. Sekaligus memperkuat sektor UMKM di kota Palembang dengan meningkatkan omzet mereka sebesar 30% setelah bergabung dengan Gojek. Sekitar 96% mitra UMKM pertama kali go online saat bergabung di GoFood dan 90% UMKM pertama kali terima pembayaran non-tunai setelah menjadi mitra GoFood.

Ikuti Kami di Google

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved