Berita Prabumulih

Mampu Bangun Posyandu dan Jembatan Tanpa Dana APBD, Kelurahan GIB di Prabumulih Diapresiasi Walikota

Lurah Gunung Ibul Barat, Joko mengaku awalnya ragu apakah pelaksanaan pembangunan posyandu maupun jembatan akan selesai? Tapi banyak warga membantu

Penulis: Edison | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Walikota Prabumulih H Ridho Yahya meresmikan sarana dan prasarana di Kelurahan Gunung Ibul Barat. Ridho meminta seluruh lurah maupun kepala desa di kota Prabumulih belajar ke Kelurahan Gunung Ibul Barat karena mampu membangun tanpa Dana APBD 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Walikota Prabumulih H Ridho Yahya meminta seluruh lurah maupun kepala desa di kota Prabumulih belajar ke Kelurahan Gunung Ibul Barat dalam pembangunan sarana dan prasarana.

Penyebabnya, meski tidak menggunakan dana APBD kelurahan Gunung Ibul Barat bersama warga bisa membangun sejumlah sarana dan prasarana secara swadaya.

Beberapa sarana dan prasarana yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat tersebut antara lain pembangunan jembatan Pakjo II, taman kampung berkualitas KWT Kencana Pakjo serta gedung posyandu Cendrawasih 1 di Jalan Mentawai Kelurahan Gunung Ibul Barat Kecamatan Prabumulih Timur.

"Kita sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan lurah dan warganya ini, kami berharap ini memotivasi lurah lain untuk belajar karena ternyata tanpa menggunakan APBD mereka bisa menggerakkan masyarakat untuk membangun kelurahan," ungkap Ridho dalam kegiatan peresmian sarana dan prasarana, Senin (21/12/2020).

Ridho mengatakan, meski pembangunan tidak sesempurna jika menggunakan APBD namun apa yang dilakukan kelurahan bersama warga memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

"Pemerintah kota Prabumulih melalui dinas PUPR dan Perkim tidak akan tinggal diam tapi akan menambah pembangunan di kelurahan ini.

Kita apresiasi lurah karena telah mengimplementasikan keinginan kami untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Ridho juga mengajak masyarakat agar memanfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman keluarga, sayuran, berternak ikan dan lainnya sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga maupun memanfaatkan lahan kosong.

"Seperti di pinggir rel juga bisa dimanfaatkan tergantung apakah lurah dan warganya ada keinginan untuk memanfaatkan itu," lanjutnya.

Sementara itu, Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd mengaku semua pembangunan yang baru diresmikan merupakan hasil swadaya masyarakat dan dibangun tanpa menggunakan APBD kota Prabumulih.

"Kita bersyukur masyarakat dan perusahaan yang ada di wilayah kita kompak memberikan bantuan dalam pembangunan sarana prasarana itu," ujarnya.

Arif mengaku awalnya sedikit bingung dan sanksi apakah pelaksanaan pembangunan posyandu maupun jembatan akan selesai lantaran dana tidak ada.

"Namun seiring waktu banyak bantuan terus mengalir dari warga dan perusahaan sehingga selesai, contohnya Posyandu dana awal yang terkumpul Rp 13,5 juta dan terus berlanjut dibantu material seperti semen, batubata, atap dan lainnya dengan total Rp 50 jutaan. Alhamdulilah 2 bulan pengerjaan selesai," tuturnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved