Breaking News:

OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan Membangun Ekonomi Sumsel Melalui Forum TPAKD

Pemprov Sumsel bersama OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan melalui forum Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) membantu masyarakat

OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan Membangun Ekonomi Sumsel Melalui Forum TPAKD - masa-arit-panen-tradisional.jpg
OJK
Masa Arit (panen tradisional) pada sawah milik kelompok tani (poktan) dalam program KUR Klaster Pertanian Padi
OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan Membangun Ekonomi Sumsel Melalui Forum TPAKD - kick-off-meeting-pembentukan-tpakd.jpg
OJK
Kick Off Meeting Pembentukan TPAKD Kabupaten Banyuasin, 30 November 2020
OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan Membangun Ekonomi Sumsel Melalui Forum TPAKD - soft-launching-bwm-nurul-huda.jpg
OJK
Soft Launching BWM Nurul Huda, Kab. Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Pandemi COVID-19 yang melanda sejak awal tahun 2020 telah membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat, tidak hanya dari sisi kesehatan dan sosial, namun juga terhadap perekonomian masyarakat.

Banyak langkah dan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menanggulangi pandemi tersebut dan meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Pemprov Sumsel bersama OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan beserta stakeholder lainnya melalui forum Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Prov. Sumsel juga tak tinggal diam.

Beberapa program dilaksanakan dengan memaksimalkan resources yang ada, baik dari sisi SDM, IT, anggaran, atau sarana prasarana lainnya, serta memfokuskan program pada segmen yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di Sumatera Selatan.

Kepala OJK Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Untung Nugroho, menuturkan bahwa pandemi Covid-19 telah menjadi permasalahan bagi setiap lapisan masyarakat yang ada, dari sektor ekonomi hulu ke hilir, bahkan turut berimbas pada tatanan sistem budaya, sosial, dan pendidikan.

Hal tersebut harus dicarikan solusi terbaik, dan penyelesaiannya tidak hanya dibebankan pada beberapa pihak tertentu, namun harus saling bersinergi dan dilaksanakan bersama dan dihadapi bersama-sama.

Beranjak dari pemetaan kekuatan ekonomi di Sumatera Selatan pada sektor pertanian, OJK melalui TPAKD Prov Sumsel pada Tahun 2020 ini telah memfokuskan program sinergi percepatan pemulihan ekonomi sesuai dengan visi misi Pemprov Sumsel untuk menjadikan Sumsel sebagai lumbung pangan nasional.

Program yang dijalankan antara lain dengan mengembangkan pilot project KUR Klaster Pertanian di desa Karang Sari, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan dengan mengoptimalkan peran BUMDes sebagai linkage.

Skema penyaluran KUR Klaster ini sendiri melalui penyaluran kredit/pembiayaan KUR kepada kelompok (kluster) petani/poktan, dimana dalam proses pembiayaan serta pemenuhan kebutuhan mulai dari awal tanam sampai dengan panen serta penjualan hasil panennya, akan memaksimalkan peran BUMDes.

Selain bantuan modal melalui KUR, dalam program ini juga diberikan pendampingan serta pemasaran produk yang disiapkan oleh mitra usaha.

Halaman
12
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved