Breaking News:

BPJS Kesehatan Minta Peserta JKN-KIS PPU PN Lakukan Registrasi Ulang

BPJS Kesehatan meluncurkan Program Registrasi Ulang bagi para peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN)

BPJS Kesehatan
Aktivitas petugas BPJS SATU! di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palembang 

PALEMBANG, JAMKESNEWS- BPJS Kesehatan meluncurkan Program Registrasi Ulang atau yang dikenal dengan nama GILANG yang ditujukan bagi para peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) yang datanya belum terisi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Muhammad Fakhriza mengatakan bahwa sebelum melakukan registrasi ulang, peserta JKN-KIS segmen PPU PN dapat mengecek status kepesertaannya melalui aplikasi Mobile JKN,

layanan informasi melalui WhatsApp Chat Assistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, atau petugas BPJS SATU! yang ada di rumah sakit.

"Peserta JKN-KIS PPU PN yang datanya belum terisi NIK, status kepesertaannya akan dinonaktifkan sementara. Namun jangan khawatir karena mereka tetap bisa mengakses layanan kesehatan begitu sudah aktif kembali," katanya, Senin (30/11).

Ia mengatakan, pada saat dicek status kepesertaannya tanggal 1 November 2020 akan muncul notifikasi untuk melakukan registrasi ulang.

Selanjutnya peserta dapat melakukan pembaruan data NIK dengan cara menghubungi kantor cabang melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) menu pengaktifan kembali kartu, petugas BPJS SATU! di rumah sakit maupun BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dengan hanya menyiapkan foto KTP/Kartu Keluarga dan kartu peserta JKN-KIS. 

“Selain layanan yang disebutkan di atas, BPJS Kesehatan juga berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan (faskes) untuk proses reaktivasi peserta.

Pihak faskes akan membantu mengecek status kepesertaan peserta. Apabila nonaktif karena NIK, akan disampaikan ke petugas BPJS Kesehatan untuk ditindaklanjuti sehingga peserta dapat langsung aktif kembali,” tambah Riza.

Salah seorang peserta JKN-KIS Mariam (51) yang ditemui petugas BPJS Kesehatan SATU! pada saat mengakses layanan kesehatan mengatakan bahwa GILANG sangat penting bagi peserta JKN-KIS.

"Dengan melakukan registrasi ulang, dapat dipastikan bahwa kami telah mendapatkan identitas kependudukan yang valid sebagai identitas tunggal. Sehingga kami dapat dengan tenang dalam mengakses layanan kesehatan," ujar Mariam. (RW/md)

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved