Breaking News:

SMK PP Negeri Sembawa Siap Kembangkan Sereh Wangi Menjadi Komoditas Unggulan

Sereh wangi merupakan salah satu penghasil bahan baku minyak atsiri yang sangat baik. Selain itu, harga jual dari komoditi juga sangat menjanjikan.

HUMAS SMK PP NEGERI SEMBAWA
Tanaman sereh wangi dan minyak atsiri hasil destilasi tanaman tersebut. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Melirik olahan minyak sereh wangi, SMK PP Negeri Sembawa siap kembangkan sereh wangi menjadi komoditas unggulan

Sereh wangi adalah komoditas perkebunan yang kaya akan manfaat. Melalui proses penyulingan komoditas perkebunan ini cukup digemari.

Karena itu perlu untuk meningkatkan produksi, produktivitas serta mutu hasil secara optimal.

SMK PP Negeri Sembawa siap kembangkan Sereh Wangi menjadi komoditas unggulan.

Sereh wangi merupakan salah satu penghasil bahan baku minyak atsiri yang sangat baik. Selain itu, harga jual dari komoditi juga sangat menjanjikan dari proses penyulingan daunnya diperoleh minyak sereh wangi yang bisa di manfaatkan untuk bahan baku industri.

Pengolahan sereh wangi dilakukan dengan cara destilasi atau proses penyulingan.

Proses penyulingan ini menghasilkan dua produk, yaitu air destilasi dan minyak atsiri sereh wangi.

Manfaat minyak sereh wangi pun sangat beragam antara lain sebagai bahan baku industri sabun, parfum, kosmetik, antiseptik, aromaterapi, dan sebagai bahan aktif pestisida nabati.

Saat ini SMK PP Negeri sembawa telah memiliki lahan budidaya sereh wangi dan mesin penyuling minyak sereh wangi.

Kepala SMK PPN Sembawa Ir Mattobi'i, MP didampingi Ketua Program Studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) Erni Prabawati, SPi, MP mengatakan untuk komoditas sereh wangi ini berkerja sama dengan program studi lain yang membudidayakan tanaman sereh wangi sehingga kami disini hanya fokus dengan pengolahannya menjadi minyak sereh wangi.

Akan tetapi pengolahan sereh wangi ini hanya berupa minyak sereh wangi dan air destilasi saja untuk mengolah menjadi produk turunan belum dilakukan.

"Harapan kami ke depan untuk mendukung pengembangan sereh wangi yang paling penting kemampuan SDM yang menguasai dan mampu menerapkan teknologi untuk pembuatan produk turunan dari minyak sereh wangi seperti sabun, pembersih lantai dan produk lainnya," katanya.

Agar nantinya produk tersebut memiliki berdaya saing yang tinggi dan bernilai ekonomis.

"Selain itu, perlunya pangsa pasar yang luas tak hanya dijual lewat kalangan terbatas tetapi bisa menjangkau ke industri-industri yang lainnya yang bahan bakunya menggunakan minyak sereh wang," ujarnya.

Ikuti Kami di Google

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved