Breaking News:

Letak Strategis, Pembangunan Agroeduwisata SMK PP Negeri Sembawa Masuki 70 Persen

Kami sengaja memilih lokasi ini dikaenakan sangat strategis, ada unsur kolam, bangunan eks Penas yang mesti dipugar nantinya, kemudian memang lokasiny

HUMAS PEMPROV SUMSEL
Ikon agroeduwisata di kawasan SMK PP Negeri Sembawa. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN – Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi, MAgr menunjuk SMK PP Negeri Sembawa sebagai salah satu penerima dana pengembangan Agroeduwisata.

Kebijakan yang diambil Kementerian Pertanian ini melihat potensi yang dimiliki SMK Pertanian Pembanguan (PP) Negeri Sembawa, baik dari segi fasilitas, infrastruktur maupun dari lokasi yang letaknya cukup strategis, tidak jauh dari Kota Palembang dan Kota Admistrasi Pangkalan Balai.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan), Dr Idha Widi Arsanti, SP, MP sangat senang mendengar keputusan Menteri Pertanian melalui Kepala BPPSDM, mengingat SMK PP Negeri Sembawa adalah salah satu UPT yang berada di bawah Pusdiktan.

"Saya telah berkunjung beberapa kali ke sini (SMK PP Negeri Sembawa), saya sangat yakin sekali tempat ini sangat berpotensi jika menjadi salah satu objek agroeduwisata. Di sini sudah tersedia beberapa komoditas yang selalu diusahakan dan menarik sebagai objek fotogenic, saya lihat juga sudah ada beberapa sekolah dasar yang sering berkunjung ke sini," tutur Kapusdik kepada kami.

Objek agroeduwisata dibangun di kawasan waduk milik SMK PP Negeri Sembawa yang sebelumnya pernah menjadi lokasi Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XII tahun 2007.

Waduk ini sangat tersohor di masyarakat sekitar dengan nama Balong, yang berarti tanah rendah yang tergenang air dan berlumpur, serta merupakan kolam untuk membudidayakan ikan.

"Kami sengaja memilih lokasi ini dikaenakan sangat strategis, ada unsur kolam, bangunan eks Penas yang mesti dipugar nantinya, kemudian memang lokasinya yang rindang. Kedepan di sebelah timur lokasi agroeduwisata dalam masterplan akan menjadi gedung utama Politeknik Pembangunan Pertanian Banyuasin (Polbangtan)," ujar Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir Mattobi’I, MP.

Saat ini pembangunan telah mencapai angka 70% sesuai dengan rencana pembangunan dan anggaran yang ada. Pembangunan ikon agroeduwisata yang dibuat berbentuk batu besar dengan tulisan dan logo Kementerian Pertanian, serta ada sentuhan tanaman sebagai backgroundnya.

Icon batu besar berawal dari ide Rohman Jaya Anwari, SP, MSi yang melakukan penjelajahan di Google.

"Idenya sih dari ikon salah satu tempat makan yang ada di Bali, hanya saja ini ukurannya lebih besar dan lebih elegan karena dibalut dengan motif batu alam serta tanaman yang minimalis. Saya berharap nantinya ini bisa menjadi salah satu lokasi foto yang instagramebel dan jadi objek wisata yang popular di kabupaten Banyuasin," tuturnya.

Selain membangun ikon SMK PP Negeri Sembawa juga membuat demplot tanaman, rumah jamur, pergola, serta pondok-pondok kecil untuk bersantai bersama keluarga.

Tak hanya pelajar yang menjadi objek market nantinya tapi dibuka untuk umum, sebagai tempat wisata keluarga ataupu gathering kantor.

Konsep pembuatan Agroeduwisata adalah kawasann rumah pangan lestari (KLRPL), mengingat juga ini adalah salah satu program yang dicanangankan oleh Kementan.

Ke depan akan ada joging track mengelilingi waduk serta taman bunga yang akan dibuat bertahap sebagai masterplan pembangunan objek agroeduwisata SMK PP Negeri Sembawa ke depan.

Ikuti Kami di Google

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved