Breaking News:

Partisipasi Pemilih 7 Pilkada Serentak di Sumsel 2020, OKU Selatan Tertinggi dan OKU Terendah

Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak 2020. Diantara OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Muratara, PALI, Ogan ILir, Musirawas.

SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Warga Desa Pecah Pinggan Kecamatan Sungai Are Kabupaten OKU Selatan di TPS 3, Rabu (9/12/2020). Sekalipun Diguyur Hujan deras warga tetap mendatangi antusias datangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan menggunakan jas hujan. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,---Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengungkapkan, berdasarkan hasil sementara partisipasi pemilih di Pilkada 7 Kabupaten se Sumsel pada 9 Desember 2020, menunjukkan rata- rata diatas target nasional 77,5 persen.

Menurut ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, perhitungan itu berdasarkan jumlah pemilih yang datang di TPS (Tempat Pemungutan Suara) di bagi jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap).

"Hitungan sementara partisipasi pemilih dalam pilkada 7 kabupaten, rata- rata diatas target nasional, meski ada daerah yang berada dibawah target," kata Kelly Mariana, Kamis (10/12/2020).

Pendistribusian surat suara di wilayah Pematang Obar Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan, Selasa (8/12/2020).
Pendistribusian surat suara di wilayah Pematang Obar Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan, Selasa (8/12/2020). (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

Kelly merinci, hitungan sementara partisipasi pemilih dalam pilkada 7 kabupaten di Sumsel, yaitu di Kabupaten 

Musi Rawas (Mura) dikisaran 80-82 persen, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sekitar 79-80 persen.

Sedangkan di Kabupaten Ogan Ilir berkisar diangka 79 sampai 80 persen, Musi Rawas Utara (Muratara) disekitaran 77-80 persen, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur diangka 77 sampai 80 persen.

Tertinggi untuk hitungan sementara dalam partisipasi pemilu ada di OKU Selatan dengan kisaran 85 sampai 85 persen.

"Persentase rata- rata partisipasi lebih tinggi daripada pilkada sebelumnya di masa normal (non  pandemi), hal ini disebabkan karena sosialisasi yang dilakukan KPU kabupaten dan KPU propinsi,

secara massive untuk berbagai basis pemilihan, juga sosialisasi oleh peserta pemilihan, stakeholders lainnya seperti pemerintah provinsi dan kabupaten, Polri, TNI, toko masyarakat dan tokoh agama serta lainnya," terang Kelly.

Sementara, untuk daerah dengan partisipasi terendah ada di Kabupaten OKU, dengan kisaran 71-75 persen.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved