Breaking News:

Berita BPJS Kesehatan

Mobile JKN, Andalan Lansia Berjiwa Muda

A Sobri (65), Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Prabumulih, merasa dimudahkan segala urusannya mengenai Program JKN-KIS.

Tribunsumsel.com
Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Prabumulih, 

TRIBUNSUMSEL.COM- A Sobri (65), Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Prabumulih, merasa dimudahkan segala urusannya mengenai Program JKN-KIS.

Sobri mengatakan walaupun anggota organisasi PWRI ini memang didominasi oleh usia lanjut atau lansia, namun tidak mematahkan semangat mereka dalam menggali informasi mengenai Program JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan selalu mengikuti perkembangan zaman. Sekarang sudah era digital, semua bisa diakses melalui gadget. Melalui Mobile JKN kita bisa mengakses informasi mengenai Program JKN-KIS. Walaupun sudah tua tapi semangat kami muda,” ujar Sobri kepada tim Jamkesnews (17/11).

Menurutnya, Program JKN-KIS ini merupakan program andalan masyarakat Indonesia, apalagi jika sudah lanjut usia di mana kebanyakan penyakit kronis lebih mudah menyerang.

Melalui Mobile JKN yang dapat diakses melalui gadget ini, setiap orang bisa memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

"Mau mengubah fasilitas kesehatan, melihat ketersediaan tempat tidur, jadwal tindakan operasi, konsultasi dokter, pendaftaran online di FKTP hingga skrinning Covid-19. Semua ada di dalam Mobile JKN,” kata Sobri.

Sobri melanjutkan, di masa pandemi sekarang ini semua orang perlu untuk menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar karena Covid-19 lebih mudah menyerang para lansia karena imunitasnya sudah mulai menurun.

Sobri pun lantas menceritakan pengalamannya dalam menggunakan fasilitas kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN.

“Saya pernah mencoba mengambil antrean dari Mobile JKN dan ternyata memang sangat mudah. Kita bisa melihat sudah antrean nomor berapa di fasilitas kesehatan yang akan kita tuju. Kalau sudah mendekati nomor antrean kita, barulah kita segera ke fasilitas kesehatan.

Dan ternyata disanapun rata-rata sudah menggunakan antrean elektronik melalui Mobile JKN. Tidak banyak yang mengantre, sehingga kita juga merasa aman bisa menjaga jarak dengan yang lainnya karena kondisi pandemi Covid-19 ini,” kata Sobri.

Ia juga menyarankan, selain menggunakan masker, hendaknya masyarakat juga rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Lalu, menjaga kesehatan juga hal yang penting.

"Olahraga tidak harus di tempat olahraga, kita bisa melakukan jalan pagi atau melakukan gerakan-gerakan senam di rumah.

Menjaga pola makan, kita para lansia tidak boleh telat makan, dan makanannya juga tidak bisa sembarangan. Istirahat yang cukup dan yang terakhir jangan stres. Jauhkan pikiran-pikiran negatif, penuhi pikiran kita dengan energi positif. Mudah-mudahan kita akan terus dan selalu sehat,” kata Sobri.

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved