Breaking News:

Berita Muba

Dodi Reza Alex Optimis Wujudkan Muba Ibukota Dunia Energi Berkelanjutan Berbasis Kelapa Sawit 2030

Ide mewujudukan Muba ibukota dunia energi berkelanjutan 2030 luar biasa dan perlu kita dukung penuh agar terwujud

TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendeklarasikan Muba sebagai ibukota dunia energi berkelanjutan berbasis kelapa sawit 10 tahun mendatang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) berkomitmen menjadikan Muba sebagai ibukota dunia energi berkelanjutan berbasis kelapa sawit 10 tahun mendatang.

Bupati Muba, Dodi Reza mengatakan rencana itu bukan mimpi karena usaha itu sudah dirintis sejak saat ini dan akan diawali dengan produksi bensin pertama di tanah air memanfaatkanbahwan kelapa sawit.

Dodi mengatakan jika target ibu kota dunia energi berkelanjutan berbasis sawit terwujud maka Indinesia Tidka perlu lagi tergantung pada pasir dunia untuk menjualnya produk kelapa sawit. Cukup di produksi di tanah air saja dan harganya juga bisa naik.

"Kita muwujudkan mandiri enegeri berkelanjutan sehingga tidak perlu lagi bergantung pasar ekspor dan petani juga bisa sejahtera karena hasil panen harganya baik," ujar Dodi Reza disela deklarasi Muba 2030 menuju world capital of sustainable energi based on palm oil via daring, Rabu (11/11/2020).

Dodi mengatakan upaya visi pemerintah mewujudukan B100 bisa dicapai dan bukan mimpi jika dilakukan sungguh-sungguh.

Seperti halnya upaya mengangkat derajat hidup petani karet di Muba, dulu karet yang hanya diolah dan dijual dalam bentuk mentah kini sudah naik kelas menjadi bahan pembuat asal dan petani juga merasakan manfaatnya. Karet yang semula hanya Rp 5 ribu per kilo kini dihargai Rp 20 ribu per kilo setelah diolah menjadi latek.

Alat pembuat latek juga dibagikan gratis pada Koperasi Unit Desa (KUD) yang bisa dimanfaatkan petani secara kelompok untuk mengolah hasil panennya.

Dodi optimis misi mewujudkan Muba sbegaai ibukota dunia energi berkelanjutan ini bisa terwujud. Pandemi saat ini bukan menjadi halangan untuk membuat terobosan dan mimpi besar menanjadi nyata.

Setelah pandemi usai dan tahun depan proses pemulihan harus dilakukan dan harus bergerak agar bisa mewujudkan mimpi itu sehingga bukan cuma petani di Muba saja nantinya yang akan memanfaatkan hasil inovasi energi berkekanjutan tapi juga seluruh petani sawit di tanah air.

Founder and Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya mengatakan apa yang dicita-citakan Muba adalah cita-cita besar yang mulia dan harus diwujudkan.

Halaman
12
Penulis: Hartati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved